Kebakaran Hutan California Tewaskan Dua Petugas Pemadam

Sudah 48 ribu hektar lahan yang terbakar

California, IDN Times - Kebakaran hutan mengamuk di California. Sejak Senin (23/7), api menghanguskan lebih dari 48 ribu hektare lahan atau lebih luas dari San Francisco. Api yang mengamuk memaksa puluhan ribu orang mengungsi dari kediamannya. Api juga telah menewaskan dua pemadam kebakaran yang berusaha untuk menjinakkan api.

1. Api semakin besar karena cuaca yang kering dan terpaan angin kencang

Kebakaran Hutan California Tewaskan Dua Petugas Pemadamnews.sky.com

Dikutip BBC, New York Times, dan News Sky, hingga Sabtu (28/7) api yang dikenal dengan Carr Fire masih terus membesar. Bahkan di daerah Shasta, angin mendorong api membuat tornado api dan akhirnya menumbangkan pohon serta menjungkirbalikan mobil. 

Dua pemadam kebakaran yang meninggal, Jeremy Stoke dan operator buldozer tewas saat berusaha memadamkan api. Selain itu tiga orang warga dilaporkan hilang.

2. Puing-puing sisa kebakaran yang membakar rumah warga

Kebakaran Hutan California Tewaskan Dua Petugas Pemadamnews.sky.com

Kepala Departemen Perlindungan Hutan California, Ken Pimlott mengatakan api menyebar karena aktivitas angin puyuh. Angin membuat api 'terlempar' ke area lain. Lebih dari 3.400 petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan. Namun cuaca panas yang kering diprediksi akan memperparah kobaran api. Bahkan Ken menyebut kondisi ini sebagai kondisi ekstrem yang berbahaya.

Sekitar 37 ribu penduduk terpaksa dievakuasi. Seorang warga lokal, Liz Williams mendapati dirinya dan kedua anaknya terjebak dalam kemacetan saat orang-orang bergegas untuk mengungsi. Akhirnya dia dan anaknya memilih evakuasi dengan berjalan kaki.

3. Ini titik api yang terjadi di wilayah California

Kebakaran Hutan California Tewaskan Dua Petugas Pemadambbc.com

Carr Fire adalah salah satu dari 90 kebakaran besar di AS. Kebakaran hutan adalah kejadian umum di California selama musim panas. Namun para ahli mengatakan hal ini menjadi awal yang buruk untuk musim kebakaran dalam 10 tahun terakhir.

Baca Juga: Gelombang Panas Jepang Tewaskan 65 Orang dalam Sepekan

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya