Banyak Koper Tak Bertuan, Bandara Kansai Siapkan Hadiah

Setiap hari pihak bandara menemukan sekitar 10 koper

Osaka, IDN Times - Koper-koper tanpa pemilik itu terlihat di beberapa sudut Bandara Internasional Kansai di Prefektur Osaka. Setiap harinya, pihak bandara hampir menemukan 10 koper yang dibuang atau ditinggalkan para wisatawan.

Kondisi ini membuat pihak bandara kewalahan dan harus memutar otak agar para pengguna bandara tidak seenaknya membuang koper di area bandara.

1. Ini tumpukan koper yang dibuang begitu saja oleh para wisatawan

Banyak Koper Tak Bertuan, Bandara Kansai Siapkan Hadiahasahi.com

Dikutip dari BBC dan media Asahi Shimbun, selama ini pihak bandara telah kehabisan ruang untuk menyimpan koper-koper yang dibuang dan tidak bertuan itu. Banyak dari koper-koper itu diserahkan pada pihak kepolisian sebagai barang hilang.

Kuat dugaan para wisatawan meninggalkan kopernya karena telah memindahkan isinya ke tas yang baru dibeli di Jepang. Akibatnya koper-koper ini dibuang seenaknya di area bandara.

2. Sebagian koper akhirnya diserahkan ke petugas kepolisian dengan laporan sebagai penemuan barang hilang

Banyak Koper Tak Bertuan, Bandara Kansai Siapkan Hadiahasahi.com

Pihak Bandara Kansai mencoba mencari solusi atas banyaknya koper yang dibuang sembarangan. Bandara Internasional Kansai saat ini siap memberikan hadiah bagi wisatawan yang menyerahkan koper yang ingin dibuang pada pihak bandara.

Pihak bandara menyediakan bolpoin, buku catatan dan suvenir lainnya sebagai imbal balik karena tidak mengotori bandara dengan membuang koper seenaknya.

3. Nantinya bandara akan menjual koper-koper yang diserahkan secara sukarela pada vendor

Banyak Koper Tak Bertuan, Bandara Kansai Siapkan Hadiahasahi.com

Operator Bandara Kansai mengatakan fenomena koper yang dibuang pertama kali menarik perhatian media nasional sekitar tahun lalu. Pasalnya keberadaan koper itu menyebabkan masalah keamanan.

Akhirnya mulai 6 Agustus mendatang, pihak bandara akan mendorong penumpang untuk menyerahkan koper lama mereka yang hendak dibuang pada pihak bandara di konter cek bagasi pada saat keberangkatan.

Koper-koper itu kemudian akan diperiksa dan dijual ke vendor. Untuk menyosialisasikan kebijakan ini, pihak bandara saat ini telah memasang poster multibahasa.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya