Letusan Gunung Kilauea Memakan Korban

Semburan lava makin membahayakan nih

Hawaii, IDN Times - Letusan Gunung Kilauea memakan korban. Seorang pria harus kehilangan kakinya setelah terkena percikan lava dalam ukuran besar. Insiden itu terjadi saat sang pria sedang duduk di balkon rumahnya, dan tiba-tiba percikan lava mendarat di atas tulang keringnya.

1. Ini lava yang menjalar hampir ke permukiman. Seram banget!

Letusan Gunung Kilauea Memakan Korbanindependent.co.uk

Diwartakan BBC, Independent dan News.com.au, sejak meletus pada awal Mei, situasi penduduk di sekitar Guung Kilaiea trus memburuk. Pada Sabtu (19/5/2018), jalan utama pantai yang menjadi rute pelarian utama bagi warga terancam putus. Kondisi ini dikhawatirkan menghambat proses evakuasi.

2. Kalaupun lava mengalir ke samudera, hal itu tidak menyelesaikan masalah karena pertemuan lava dan air laut akan menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya

Letusan Gunung Kilauea Memakan Korbanindependent.co.uk

Kalaupun ada kemungkinan lava mengalir ke samudera, lava kemungkinan melepaskan gas beracun. Saat lava cair menyentuh air laut, maka kemungkinan akan terjadi reaksi kimia, menciptakan kondisi kabut dan berbahaya.

US Geological Survet mengatakan reaksi kimia itu dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata, hingga kesulitan bernapas.

3. Pemandangan luapan lava Gunung Kilauea dari udara

Letusan Gunung Kilauea Memakan Korbanindependent.co.uk

Untuk diketahui, beberapa aliran lava telah meningkat selama akhir pekan lalu. Observartorium Gunung Api Hawaii mengatakan tingkat letusan meningat di daerah yang dikenal sebagai zona rift timur bawah. Di mana di tempat itu, empat celah letusan telah bergabung.

Para ahli geologi memperingatkan perilaku aliran lava tetap tidak bisa diprediksi. Mereka mendesak warga untuk mematuhi semua peringatan dari pertahanan sipil Hawaii.

4. Perilaku lava tidak bisa diprediksi nih. Untuk itu warga diminta mematuhi imbauan pemerintah

Letusan Gunung Kilauea Memakan Korbanindependent.co.uk

Di puncak, ledakan besar terjadi sekitar Jumat (18/5/2018) malam, hingga Sabtu (19/5/2018). Letusan ini menyemburkan segumpal gas vulkanik sekitar 3 km ke udara. Ahli geologi memperingatkan daerah permukiman yang kemungkinan menjadi sasaran amukan lava adalah permukiman Lanipuna Gardens.

Para ahli geologi juga khawatir jika kondisi Gunung Kilauea akan semakin memburuk dan membahayakan nyawa warga. Mengingat sesuai hasil pengamatannya, sangat dimungkinkan magma keluar dari gunung tersebut.

Para ahli tidak yakin gunung berapi tersebut akan 'tenang' dalam waktu dekat ini. Malah besar kemungkinan letusan di puncak akan semakin banyak.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya