Madrid Larang Mobil Tua Lalu Lalang di Jalanan

Langkah ini diambil untuk mengurangi polusi di jalan

Madrid, IDN Times-  Para pemilik mobil 'tua' di Spanyol kini tidak bisa keliling Kota Madrid seenaknya. Sejak Jumat (30/11/2018) mobil diesel yang diproduksi sebelum tahun 2006 dan kendaraan berbahan bakar bensin yang diproduksi sebelum tahun 2000 tidak bisa melintas seenaknya di jalan-jalan Kota Madrid. Aturan itu dirilis otoritas Spanyol sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara hingga 40 persen. 

1. Kalau melanggar, siap-siap kena denda Rp1,5 Juta

Madrid Larang Mobil Tua Lalu Lalang di Jalananeuroweeklynews.com

Pengemudi yang ngotot dengan memasuki zona emisi rendah dengan mobil tua, akan dikenakan denda sebesar 90 euro atau sekitar Rp1,47 juta. Agar aman, para pengendara harus melakukan uji emisi kendaraan mereka. Jika memenuhi syarat dan dianggap aman serta tidak begitu banyak menghasilkan polusi udara, maka kendaraan itu diizinkan masuk ke pusat kota.

2. Bukan hanya mengurangi polusi, langkah ini dilakukan untuk mengurangi kebisingan

Madrid Larang Mobil Tua Lalu Lalang di Jalananjorge paris/20minutes.es

Bukan cuma mengurangi polusi, Otoritas Spanyol memiliki tujuan lain. Aturan ini diharapkan bisa mengurangi kebisingan di pusat kota dan mendorong warga untuk bersepeda atau menggunakan kendaraan publik. Aturan ini merupakan bagian dari rencana Pemerintah Spanyol untuk menciptakan lingkungan yang bersih dengan memprioritaskan pesepeda, pejalan kaki dan pengguna transportasi publik.

Otoritas Kota Madrid menyebutkan langkah yang diberi label Madrid Central ini akan mempengaruhi sekitar 20 persen mobil yang masuk ke pusat kota. 

Baca Juga: 5 Penyebab Dibalik Menurunnya Performa Real Madrid Musim Ini

3. Hanya mobil-mobil yang memiliki label ramah lingkungan yang bisa masuk ke pusat Kota Madrid

Madrid Larang Mobil Tua Lalu Lalang di Jalananindiatoday.in

Di aturan ini, dtiterapkan zona emisi rendah. Mobil-mobil harus mengikti uji emisi untuk mendapatkan label ramah lingkungan. Jika dapat, mereka bebas berkendara di pusat kota dan menggunakan tempat parkir umum tanpa batasan waktu. Sementara mobil 'tua' hanya bisa masuk ke zona ini jika mereka terdaftar dan memiliki akses ke parkir pribadi. Bahkan pada tahun 2020, mobil tua, seperti kendaraan diesel dan mobil berbahan bakar bensin sudah tidak diizinkan sepenuhinya memasuki zona emisi rendah. 

Untuk warga yang tinggal di dalam zona emisi dan memiliki mobil tua, mereka harus mendaftarkan kendaraannya. Namun mereka tidak bisa seenaknya parkir di tempat parkir umum. Mereka hanya diizinkan di tempat parkir pribadi. Sebagai bentuk pengawasan, jalan-jalan Madrid juga diawasi dengan CCTV.

4. Selain Madrid, beberapa negara lain sudah menerapkan larangan untuk kendaraan dengan polusi tinggi

Madrid Larang Mobil Tua Lalu Lalang di Jalananoxford.com

Tingginya polusi udara dari kendaraan tua dan mesin diesel telah menjadi perhatian sejumlah pihak dalam beberapa tahun terakhir ini. World Health Organization (WHO) menyebutkan jutaan kematian terjadi karena polusi udara. Mesin diesel disebutkan berkontribusi dalam hal tingginya polusi udara. Pada tahun 2016, Walikota Madrid, Manuela Carmena menilai masalah ini harus segera ditangani untuk meningkatkan kesehatan warga. 

Madrid bukan satu-satunya kota yang memerangi polusi udara. Beberapa negara lain seperti Paris, Kota Meksiko, dan Athena berencana melarang kendaraan diesel di pusat kota pada tahun 2025. 

Baca Juga: Ini Pertolongan Pertama Pada Mobil Korban Banjir 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya