Menteri Chad Ditahan Polisi karena Nikahi Anak Usia 14 Tahun

Gimana nih pendapatmu?

N'Djamena, IDN Times - Salah seorang menteri di Chad, Afrika harus mendekam di balik jeruji besi karena menikah dengan anak di bawah umur. Gadis yang dinikahi adalah bocah berusia 14 tahun. Wow!

Sesuai dengan aturan yang ada di Chad, menikah dengan anak di bawah umur adalah sebuah pelanggaran hukum.

1. Sang menteri, Azzai Mahamat Hasane membantah tuduhan ini

Menteri Chad Ditahan Polisi karena Nikahi Anak Usia 14 Tahunmarygreeley.com

Diwartakan BBC dan The Star Kenya, melalui pengacaranya, Azzai Mahamat Hasane membantah jika istrinya di bawah umur. Sementara jaksa menyebutkan jika Hasane menikahi gadis itu dalam upacara adat pada tahun 2017. Pernikahan dilakukan ketika Chad melakukan perjalanan dinas ke sebelah barat Kota Nokou bersama delegasi politik lainnya.

2. Di Chad, usia minimum menikah adalah 18 tahun

Menteri Chad Ditahan Polisi karena Nikahi Anak Usia 14 Tahunshekulli.com.al

Pernikahan di Chad mensyaratkan kedua mempelai minimal berumur 18 tahun. Orang-orang yang diketahui menikah dengan anak di bawah umur harus bersiap-siap menghadapi hukuman denda dan penjara.

Baca Juga: Seorang Lelaki Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Pada Ratusan Anak

3. Sanksi yang diberikan berupa hukuman penjara 5-10 tahun dan denda 500 ribu hingga 5 juta Franc Afrika

Menteri Chad Ditahan Polisi karena Nikahi Anak Usia 14 Tahunsocialpost.news

Dilansir dari situs resmi Girls not Brides, sebuah organisasi pencegahan pernikahan dini, Chad menjadi negara dengan tingkat pernikahan anak tertinggi ketiga di dunia. Sekitar 68 persen perempuan di sana menikah di usia anak-anak. Pada Juni 2015, Parlemen Chad menyetujui aturan yang ditandatangani Presiden Idriss Deby untuk mencegah pernikahan anak atau pernikahan di bawah umur. 

Aturan ini menaikan usia minimum menikah dari 15 tahun menjadi 18 tahun dan pemberian sanksi penjara serta denda bagi orang yang menikahi anak di bawah umur.

Baca Juga: Pengungsi Anak di Pusat Penahanan yang Didanai Inggris Alami Pelecehan

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya