Puluhan Ribu Warga Iringi Pemakaman Winnie Mandela

Winnie Mandela menjadi tokoh perempuan anti apartheid yang berpengaruh di Afrika Selatan

Johannesburg, IDN Times - Massa berkumpul di sebuah stadion di Soweto, Sabtu (14/4/2018) lalu. Mereka datang untuk menghadiri upacara pemakaman pejuang anti apartheid, Winnie Madikizela-Mandela yang juga mantan istri Nelon Mandela. 

1. Upacara pemakaman diwarnai oleh puluhan ribu warga yang memberikan penghormatan terakhir untuk Winnie Mandela

Puluhan Ribu Warga Iringi Pemakaman Winnie Mandelacnn.com

Diwartakan BBC, CNN dan the Guardian, Winnie Madikizela Mandela meninggal awal April pada usia 81 tahun. Rencananya Winnie Mandela dimakamkan di Johannesburg. Pada upacara pemakaman, petinya dibungkus bendera nasional.

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa menyampaikan pidato pelepasan jenazah. Teriakan yang mengelu-elukan Winnie Mandela menggema di arena stadion. Sebagian warga menyanyi, menari dan berdoa sebagai bentuk penghormatan terakhir pada Winnie Mandela.

Ribuan orang menandatangani buku bela sungkawa di luar rumah duka. Banyak karangan bunga di bagian luar rumah Winnie Mandela.

2. Peti mati Winnie Mandela dilapisi bendera Afrika Selatan

Puluhan Ribu Warga Iringi Pemakaman Winnie Mandelacnn.com

Presiden Ramaphosa menggambarkan Nyonya Mandela sebagai simbol perlawanan yang meletakkan bangunan patriarki. Ia menilai, Winnie Mandela merupakan sosok yang kuat, berani dan memberikan seluruh hidupnya untuk melayani masyarakat.

Ramaposa mengaku akan memberikan penghormatan tertinggi dan memberi penghargaan para Winnie Mandela.

3. Puluhan ribu warga ini memadati stadion sebagai tempat upacara pemakaman Winnie Mandela

Puluhan Ribu Warga Iringi Pemakaman Winnie Mandelacnn.com

Suasana upacara pemakaman ini juga diwarnai dengan sorak sorai pelayat ketika pemimpin Economic Freedom Fighters, Julius Malema memberikan penghormatan terkahir pada Winnie Mandela.

4. Prosesi militer dalam upacara pemakaman Winnie Mandela

Puluhan Ribu Warga Iringi Pemakaman Winnie Mandelatheguardian.com

Winnie Mandela adalah seorang tokoh kontroversial Afrika Selatan yang dipuji karena perannya mengenai perjuangan anti apartheid. Namun Winnie kemudian dijauhi elit politik setelah mendukung pemberian hukuman untuk informan pemerintah.

5. Winnie Mandela adalah mantan istri Nelson Mandela yang juga memperjuangan anti apartheid. Dia dijuluki Nation of Mother oleh warga dan pendukungnya

Puluhan Ribu Warga Iringi Pemakaman Winnie Mandelacnn.com

Winnie Mandela menikah selama 38 tahun dengan Nelson Mandela. Hubungan rumah tangga mereka kandas karena dipisahkan oleh hukuman penjara panjang Nelon Mandela. Setelah Mandela dipenjara rezim apartheid, Winnie Mandela menjadi simbol perlawanan internasional terhadap aparheid.

Dia juga dipenjara karena perannya dalam menentang pemerintahan minoritas kulit putih. Pendukungnya dikenal sebagai Mother of Nation. Namun sayangnya, Winnie Mandela juga terlibat skandal selama beberapa dekade.

Winnie dituduh melakukan teror-teror di beberapa bagian Soweto oleh anggota ANC pada akhir 1980an. Dan pada tahun 2003, dia dihukum karena penipuan.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya