Pemimpin Sekte Aum Shinrikyo Jepang Dieksekusi Mati

Terbukti menjadi dalang serangan gas mematikan di Tokyo

Tokyo, IDN Times - Nyawa Shoko Asahara, pemimpin sekte Aum Shinrikyo di Jepang harus berakhir di tangan aparat. Ia dieksekusi karena menjadi dalang serangan gas saraf mematikan di kereta bawah tanah Tokyo pada tahun 1995. Selain Shoko, enam anggota sekte lainnya juga kini menunggu giliran eksekusi.

1. Sekte Aum Shinrikyo ini menjadi dalang di balik insiden penyerangan gas saraf mematikan di Tokyo pada tahun 1995

Pemimpin Sekte Aum Shinrikyo Jepang Dieksekusi MatiAFP via CNN

Diwartakan BBC, eksekusi Shoko Asahara dilakukan di sebuah rumah tahanan Tokyo, Jumat (6/7) pagi. Enam pengikut aliran ini akan dieksekusi tidak lama setelah Shoko. Total ada 19 anggota sekte yang terlibat dalam kasus ini. Sebanyak 13 orang dijatuhi hukuman mati dan 6 lainnya mendapat hukuman seumur hidup.

Langkah eksekusi mati ini tertunda 23 tahun sejak 1995. Pasalnya di Jepang, hukuman mati tidak bisa dilakukan sampai putusan terhadap semua tertuduh atas kasus itu final. Sidang terakhir kasus ini terjadi pada Januari lalu, dan kini eksekusi dilakukan. Hukuman mati hanya diberikan pada pelaku kasus pembunuhan serius dan dilakukan dengan cara digantung. 

2. Sekte Aum Shinrikyo juga pernah berusaha melepaskan gas hidrogen sianida. Namun usaha itu gagal

Pemimpin Sekte Aum Shinrikyo Jepang Dieksekusi MatiAFP via CNN

Untuk diketahui sekte Aum Shinrikyo terbukti melakukan serangan gas saraf mematikan. Pada tanggal 20 Maret 1995, anggota sekte Aum Shinrikyo melepaskan gas sarin di kereta bawah tanah di Tokyo.

Mereka meninggalkan kantong-kantong yang ditusuk dengan gas saraf cair di jalur kereta. Racun itu menyerang penumpang kereta dalam hitungan detik. Mereka tersedak, muntah hingga mengalami kebutaan, lumpuh dan meninggal dunia. Sebanyak 13 orang tewas dalam aksi yang dilakukan sekte itu. Sementara ribuan orang harus mendapatkan perawatan. 

Bukan hanya serangan gas sarin, anggota sekte ini sebelumnya telah melakukan upaya untuk melepaskan hidrogen sianida di berbagai stasiun. Namun upaya itu gagal.

3. Pemimpin Sekte, Shoko Asahara sebelumnya pernah terlibat beberapa kasus pembunuhan

Pemimpin Sekte Aum Shinrikyo Jepang Dieksekusi MatiExec.Alghad

Karena serangkaian serangan yang telah dilakukan, 13 orang anggota Aum Shinrikyo termasuk Shoko Asahara dijatuhi hukuman mati sedangkan enam lainnya menjalani hukuman seumur hidup.

Sang pemimpin, Shoko Asahara sebelumnya juga dituduh atas beberapa kasus pembunuhan lain dan serangan gas sarin sebelumnya pada tahun 1994 yang menewaskan delapan orang dan menyebabkan 600 orang terluka.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya