Malaysia Tangkap 15 Terduga Teroris

Pelakunya ada yang masih berusia belasan tahun

Kuala Lumpur, IDN Times - Divisi Kontra Terorisme Kepolisian Malaysia mengamankan 15 orang terduga teroris yang terlibat dalam serangkaian teror antara 27 Maret hingga 9 Mei di lima negara bagian.

Satu orang yang ditangkap adalah permepuan berusia yang bekerja sebagai ibu rumah tangga yang berencana melakukan misi bunuh diri atmarawias nama ISIS. Ada juga pemuda berusia 17 tahun yang ditangkap karena terlibat pembuatan bom molotov untuk menyerang warga non muslim di Malaysia.

1. Remaja ini ditangkap karena merakit bom molotov yang diduga akan digunakan untuk menyerang tempat ibadah warga nonmuslim

Malaysia Tangkap 15 Terduga Terorisstraitstimes.com

Dikutip dari Straitstimes, Channel News Asia dan South China Morning Post, wanita paruh baya itu ditangkap di Puchong, Selangor pada 9 Mei. Sebelumnya dia telah berencana melakukan aksi penabrakan warga non muslim dengan menggunakan mobil di tempat pemungutan suara selama pemilihan umum awal Mei lalu.

Selain itu, perempuan itu juga berencana menabrak tempat ibadah non muslim dengan tabung gas yang dibawanya, dan akan digunakan sebagai detonator. Saat ini, penyidik menyelidiki keterlibatan keluarga perempuan tersebut.

2. Tujuh orang ditangkap di Sabah karena diduga berencana melakukan teror di Marawi City, Filipina

Malaysia Tangkap 15 Terduga Terorisstraitstimes.com

Pada 20 April lalu, Polisi Malaysia menangkap pelajar berusia 17 tahun setelah berjanji untuk berafiliasi dengan kelompok teror. Pemuda itu merakit enam bom molotov dan menguji salah satu bom rakitannya di ruang terbuka di Damansara Damai.

Mereka juga kembali ke beberapa lokasi untuk melancarkan serangan sendirian di tempat ibadah non muslim. Selain merakit bom, pemuda itu merekam video yang berisi ancaman akan melaksanakan aksi penyerangan dan mengunggahnya di tiga grup WhatsApp serta satu grup Telegram yang berafiliasi dengan ISIS.

3. Di antara teroris yang ditangkap, enam orang merupakan warga Filipina

Malaysia Tangkap 15 Terduga Terorisstraitstimes.com

Diantara 15 teroris yang ditangkap itu, empat adalah warga Malaysia dan enam orang merupakan warga Filipina. Penangkapan pertama terjadi pada 27 Maret. Seorang pria ditangkap di KL International Airport setelah dia ditolak masuk ke Turki.

Sebelumnya dia bekerja sebagai tukang bersih-bersih di Selangor. Dia dicurigasi berusaha menyelinap ke Syria untuk bergabung dengan ISIS. Kemudian petugas menangkap pasangan asing pada 2 April di Gombak.

Dua orang ini berada pada daftar buruan negara karena dugaan keterlibatan dengan ISIS. Di tanggal yang sama, warga Bangladesh juga diamankan karena diduga terlibat penyelundupan senjata api untuk teroris nasional.

Pada 20 April, polisi Malaysia berhasil menangkap dua dari empat orang yang dicari. Karena diduga berencana menyerang tempat ibadah non muslim dan menculik serta membunuh polisi.

4. Malaysia memang menjadi negara yang gencar memerangi terorisme

Malaysia Tangkap 15 Terduga Terorisstraitstimes.com

Sementara tujuh tersangka lain, ditangkap di Sabah pada 20 dan 26 April. Di Sabah para terduga teroris ini dicurigai sedang menyusun rencana untuk mengumpulkan senjata api dan melancarkan Jihad di Marawi City, Filipina.

Malaysia memang menjadi salah satu negara yang vokal memerangi teroris. Sejak tahun 2013, hampir 400 orang terduga teroris ditangkap.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya