Perancis Larang Siswa SD, SMP, SMA Gunakan Ponsel di Sekolah

Bagaimana menurut kamu?

Prihatin dengan ketergantungan anak-anak dengan ponsel, pemerintah Perancis bakal melarang siswa SD, SMP dan SMA menggunakan handphone di sekolah. Mereka diizinkan membawa ponsel, namun tidak diperbolehkan memakainya sampai jam sekolah usai. Di jam istirahat pun, penggunaan ponsel tetap dilarang. Larangan ini diusulkan dan dikampanyekan Presiden Emmanuel Macron saat pilpres lalu.

Dikutip The Guardian, Menteri Pendidikan Perancis, Jean-Michel Blanquer mengatakan larangan ini akan dimulai pada tahun ajaran baru, September 2018. Larangan ini akan berlaku untuk semua siswa pada usia 6 hingga 15 tahun. Blanquer mengatakan, beberapa tempat pendidikan bahkan telah melarang murid menggunakan ponsel mereka. 

Diakuinya, ponsel memang dibutuhkan untuk beberapa hal termasuk situasi mendesak. Namun penggunaan ponsel ini harus bisa dikontrol dengan baik. Blanquer pun menambahkan larangan itu juga menjadi salah satu pesan untuk keluarga. Anak-anak, kata dia, alangkah lebih baik jika tidak terlalu sering atau bahkan tidak sama sekali terpapar layar atau ponsel sebelum berusia tujuh tahun. 

Namun serikat kepala sekolah Perancis pesimis larangan tersebut bisa terwujud. Para siswa juga mempertanyakan cara penerapan larangan tersebut. Dari pihak orang tua, mereka setuju dengan larangan ini, namun dengan catatan siswa masih diizinkan membawa ponsel untuk alasan keselamatan. 

Sementara, dikutip National Public Radio, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah remaja Perancis yang membawa ponsel meningkat tajam. Sekitar 8 remaja dari 10 remaja Perancis dilengkapi smartphone pada tahun 2015. Angka ini meningkat tajam ketimbang tahun 2011 yang hanya 2 remaja membawa ponsel dari 10 remaja. Surat kabar mencatat, banyak siswa mulai membawa ponsel di usia 9 tahun, saat mereka berangkat sekolah sendirian. 

Blanquer menilai sebagai pemerintah pihaknya perlu melindungi anak-anak dari paparan layar ponsel. Di Dewan Menteri, para pejabat meletakkan ponsel di loker sebelum bertemu. Dan hal ini pun layak dilakukan di setiap kelompok, termasuk di kelas. 

Aturan ini, sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010. Pada aturan lama hanya siswa SD dan SMP yang dilarang menggunakan ponsel di sekolah. Namun larangan ini diperbaharui dan akan berlaku untuk siswa SMA. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya