Akhirnya Ethiopia dan Eritrea Akhiri Perang

Kesepakatan damai ini disambut gembira warga

Ethiopia, IDN Times - Ketegangan antara Ethiopia dan Eritrea tidak akan terjadi lagi. Ini terjadi setelah pemimpin kedua negara itu melakukan pertemuan untuk mengakhiri peperangan, Senin (9/7/2018) waktu setempat.

Pertemuan pemimpin kedua negara itu berhasil menelurkan kesepakatan damai yang mengakhiri konflik perbatasan pada tahun 1998.

1.Presiden Eritrea, Isaias Afewerki dan Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed untuk kali pertama bertemu setelah selama hampir dua dekade 'bermusuhan'

Akhirnya Ethiopia dan Eritrea Akhiri Perangtwitter/hawelti

Dikutip dari BBC dan Aljazeera, selain kesepakatan damai, pertemuan itu juga membuahkan kesepakatan ekonomi. Di mana kedua belah pihak baik Ethiopia ataupun Eritrea berkomitmen untuk membangun kembali perdagangan dan hubungan diplomatik yang sempat merenggang.

Kantor kedutaan akan dibuka di masing-masing negara, begitu juga pelabuhan hingga penerbangan. Anggota keluarga yang terpisah karena sengketa perbatasan juga kini bisa saling terhubung, berkomunikasi dengan menggunakan telepon untuk kali pertama sejak perang.

2. Kedatangan Perdana Menteri Ethiopia ini disambut hangat penjabat dan masyarakat Eritrea

Akhirnya Ethiopia dan Eritrea Akhiri Perangbbc.com

Pertemuan bersejarah itu dilakukan di ibu kota Eritrea, Asmara. Presiden Eritrea, Isaias Afewerki dan Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed untuk kali pertama bertemu setelah selama hampir dua dekade 'bermusuhan'.

Pemulihan tiba-tiba ini mengakhiri perang dingin yang berlangsung beberapa dekade atas sengketa perbatasan.

3. Kesepakatan damai ini disambut bahagia warga. Langkah ini membuat mereka dengan mudah berhubungan dengan anggota keluarga yang terpisah saat perang

Akhirnya Ethiopia dan Eritrea Akhiri Perangbbc.com

Menteri Informasi Eritrea, Yemane Gebremeskel mengatakan pertemuan itu membawa era baru perdamaian dan persahabatan. Ia menegaskan keadaan perang di antara kedua negara telah berakhir.

Dikatakan Ethiopia dan Eritrea akan mempromosikan kerja sama yang erat di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan keamanan.

Perdamaian kedua negara ini mendapat sambutan hangat dari warga kedua negara. Saat tiba di Asmara pada Minggu (8/7/2018), Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed mendapat pelukan hangat dari Presiden Eritrea, Isaias Afwerki dan kemudian disambut teriakan selamat datang dari warga Eritrea. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya