Protes, Warga Terbangkan Balon Udara Walikota London Berbikini

Balon udara ini menarik perhatian masyarakat

London, IDN Times - Sebuah balon udara raksasa bergambar Walikota London, Sadiq Khan mengenakan bikini kuning diterbangkan di Parliament Square, Sabtu (1/9/2018). Balon udara raksasa ini dibuat dari dana yang dikumpulkan para aktivis dan warga sebagai bentuk protes pada Walikota London, Sadiq Khan. 

1. Aktivis menggalang dana untuk membuat balon udara ini

Protes, Warga Terbangkan Balon Udara Walikota London Berbikinistandard.co.uk

Dikutip BBC, Evening Standard dan Guardian, balon udara itu dibuat dari hasil penggalangan dana sebesar 58.182 poundsterling. Dana itu digalang lewat situs crowdfunding. Saat balon sepanjang 29 kaki ini diterbangkan, sebagian warga bersorak dan meminta balon diterbangkan lebih tinggi lagi. 

2. Para aktivis itu meminta Sadiq Khan turun dari jabatannya. Mereka menilai tingkat kriminalitas meningkat di London

Protes, Warga Terbangkan Balon Udara Walikota London Berbikinistandard.co.uk

Yanny Bruere yang menggalang dana untuk kegiatan itu mengatakan, aksi itu dilakukan setelah sebelumnya ada balon udara Trump terbang di London. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk protes untuk menggusur Sadiq Khan dari jabatannya. Apalagi selama menjabat, Bruere menilai angka kejahatan meningkat tajam.

Selain balon udara, di area sekitar lokasi penerbangan, beberapa aktivis mengenakan kaos yang bertuliskan "Buat London Lebih Aman Lagi". Bruere menjelaskan pihaknya akan terus melakukan penggalangan dana untuk membuat lebih banyak balon udara bergambar walikota ini. 

3. Tampilan balon udara ini sangat mencolok. Namun Walikota Sadiq Khan tidak mau ambil pusing

Protes, Warga Terbangkan Balon Udara Walikota London Berbikinistandard.co,uk

Aksi protes ini tentu saja menuai beragam respons. Banyak yang mengaitkan protes yang dilakukan ini sarat politis dan dilakukan oleh aktivis sayap kanan yang kontra dengan pemerintah. Meski balon udara itu sangat mencolok, Walikota London, Sadiq Khan menanggapi santai aksi protes itu.

Khan justru tidak mempermasalahkan orang-orang yang ingin melihat balon tersebut. Khan hanya merasa bikini yang digunakan pada balon udara itu tidak cocok dengan dirinya. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya