Comscore Tracker

Tahun Depan, Pesawat Ruang Angkasa Israel Mendarat di Bulan

Awalnya pesawat dibuat untuk ikut lomba Google

Yerusalem, IDN Times - Sebuah organisasi nirlaba Israel mengumumkan rencana untuk mengirim pesawat ruang angkasa tak berawak pertama ke bulan tahun ini. Pesawat ruang angkasa itu diperkirakan mendarat di bulan pada Februari 2019.

1. Rencananya pesawat ruang angkasa ini diluncurkan Desember mendatang.

Tahun Depan, Pesawat Ruang Angkasa Israel Mendarat di Bulan  bbc.com

Diwartakan BBC, Israel National News dan ABC News, pesawat ruang angkasa tanpa awak ini digagas oleh SpaceIL. Rencananya akan diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida pada Desember mendatang dengan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX. Pesawat itu akan membawa bendera Israel ke bulan dan melakukan penelitian mengenai medan magnet bulan.

Proyek SpaceIL dimulai sebagai bagian dari Google Lunar XPrize yang menawarkan hadiah 30 juta USD untuk menginspirasi orang-orang mengembangkan robot ruang angkasa. Namun sayangnya kompetisi ini telah berakhir pada Maret lalu dan hadiah 20 juta dolar AS untuk pendaratan di bulan tidak bisa diklaim. 

Meski begitu, SpaceIL terus mengembangkan pesawat ruang angkasanya itu. Mereka mencoba bekerja sama dengan Israel Aerospace Industries (IAI), sebuah perusahaan milik negara.

2. Pesawat ruang angkasa ini memiliki ukuran yang kecil dan disebut sebagai pesawat terkecil yang akan mendarat di bulan.

Tahun Depan, Pesawat Ruang Angkasa Israel Mendarat di Bulan  israelnationalnews.com

Sejauh ini, proyek ini telah menghabiskan sekitar 88,5 juta dolar AS. Sebagian besar pendanaan didapat dari pengusaha yang juga miliarder kelahiran Afrika Selatan, Morris Kahn.

Pada Selasa (10/7/2018), Ido Anteby, CEO SpaceIL, mengatakan proyeknya ini akan menjadi pesawat ruang angkasa terkecil dan mendarat di bulan.

Diameter pesawat tanpa awak ini sekitar 2m dan tinggi 1,5m dengan berat 585 kg saat diluncurkan. Lebih dari 400 kg adalah bahan bakar untuk menempuh perjalanan menuju bulan. 

3. Pihak donatur berharap langkah ini memberikan efek untuk pengembangan sains dan teknologi di Israel

Tahun Depan, Pesawat Ruang Angkasa Israel Mendarat di Bulan  bbc.com

Jika berhasil, misi SpaceIL akan menjadikan Israel negara keempat di dunia yang mendaratkan satelit di permukaan bulan setelah negara bekas Uni Soviet, Amerika Serikat dan Tiongkok. Kahn selaku donatur berharap misi itu akan menciptakan efek Apollo untuk generasi berikutnya di Israel .

Ofer Doron, Kepala Divisi Ruang Angkasa IAI, mengatakan Israel akan menunjukkan jalan bagi seluruh dunia untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke bulan dengan biaya yang masuk akal.

IAKT Photo Community Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You