Comscore Tracker

Trump Sepakati Anggaran Sementara, Government Shutdown Hanya Tiga Hari

Perundingan soal imigran masih bakal berlanjut

Government shutdown di Amerika Serikat hanya berlangsung selama 3 hari. Itu setelah Presiden AS, Donald Trump, menandatangani kesepakatan anggaran sementara pada Senin (22/1/2018) siang waktu setempat.

Pemimpin Demokrat setuju untuk mendukung penganggaran itu setelah mendapat jaminan dari Partai Republik yang akan memikirkan ulang tentang nasib imigran muda. Ini adalah tindakan sementara keempat kali yang diambil sejak Oktober. Undang-undang mengenai anggaran sementara itu disetujui Senat dengan perolehan voting 81 berbanding 18 dan DPR dengan suara 266 berbanding 150.

Penandatanganan sementara ini setidaknya membuat pemerintah bisa berjalan 8 Februari 2018

Trump Sepakati Anggaran Sementara, Government Shutdown Hanya Tiga Haribusinessinsider.sg

Dikutip BBC, penandatangan ini membuat pemerintah bisa berjalan setidaknya sampai 8 Februari 2018. Dengan harapan selama waktu yang tersedia, Kongres bisa mencapai kesepakatan anggaran jangka panjang. Ribuan pegawai pemerintah yang sebelumnya telah dirumahkan sementara dan tidak dibayar pun bisa bernafas lega.

Shutdown Pemerintah AS ini awalnya terjadi karena ketidaksepakatan Partai Demokrat dan Republik yang berada di Senat dan DPR mengenai anggaran imigran

Trump Sepakati Anggaran Sementara, Government Shutdown Hanya Tiga Harivoanews.com

Dikutip the Straits Times, shutdown yang terjadi disebabkan karena ketidaksepakatan penganggaran khususnya mengenai para imigran muda. Partai Demokrat dan beberapa orang Republik menginginkan adanya perlindungan bagi sekitar 700 ribu imigran di AS.

Namun Gedung Putih menolak untuk bernegosiasi mengenai imigrasi. Donald Trump dan Partai Republik selama ini cukup vokal mengenai urusan imigran, termasuk pemberatasan imigran ilegal. Trump dan Partai Republik justru lebih mendorong pendanaan untuk membuat dinding perbatasan dan juga mengakhiri preferensi visa bagi para imigran di AS.

Penandatanganan anggaran sementara ini hanyalah solusi jangka pendek. Presiden Donald Trump harus segera mengambil keputusan mengenai nasib 700 ribu imigran itu

Trump Sepakati Anggaran Sementara, Government Shutdown Hanya Tiga Harivoanews.com

Dikutip CNN, untuk saat ini Presiden Donald Trump masih bisa berbahagia karena bisa mengakhiri government shutdown dengan cepat. Namun kondisi ini hanya menunda masalah, karena cepat atau lambat, Trump harus mengambil posisi terkait 700 ribu imigran itu. Kemungkinan besar Trump harus mengizinkan para imigran ilegal itu dan kondisi itu akan melukai beberapa pendukung fanatiknya. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya