Sempat 'Mati' 24 Tahun, Zambia Airways Hidup Kembali

Semoga bisa menghidupkan kembali ekonomi Zambia

Lusaka, IDN Times - Sempat tidak beroperasi selama 24 tahun, Zambia Airways bakal kembali mengudara. Maskapai nasional Afrika itu akan memulai penerbangan pada akhir tahun 2018. Zambia Airways bisa kembali beroperasi berkat suntikan modal dari Ethiopia Airlines.

1. Ethiopia Airlines menyuntikan 30 Juta USD pada Zambia Airways

Sempat 'Mati' 24 Tahun, Zambia Airways Hidup Kembalibusinessdailyafrica.com

Diwartakan BBC, Business Daily Africa dan Africa Business Chief pada Senin (20/8/2018), maskapai milik negara Ethiopia telah menandatangani perjanjian kepemilikan saham dengan Badan Pembangunan Utama Pemerintah Zambia untuk menghidupkan kembali Zambia Airways.

45 persen akan saham akan dipegang Ethiopia Airlines, sementara sisanya akan dipegang Pemerintah Zambia. 

2. Pemerintah berharap investasi ini bisa menumbuhkan perekonomian negara

Sempat 'Mati' 24 Tahun, Zambia Airways Hidup Kembalibbc.co.uk

Investasi yang dilakukan Ethiopia Airlines diharapkan bisa membantu mendorong Zambia menjadi pusat Afrika Selatan. Pemerintah Zambia berharap kesepakatan tersebut akan mempercepat industrialisasi negara dan meningkatkan pariwisata negaranya.

Rencananya Zambia Airways akan memulai penerbangan akhir tahun ini dengan 12 pesawat ke tujuan di Afrika, Eropa, Timur Tengah dan Asia. Diperkirakan, saat beroperasi Zambia Airways bisa membawa 1,9 penumpang.

3. Zambia Airways sebelumnya mengalami likuidasi pada 1994

Sempat 'Mati' 24 Tahun, Zambia Airways Hidup Kembaliznbc.com

Zambia Airways telah mengalami likuidasi pada tahun 1994. Perusahaan penerbangan swasta kemudian muncul sebagai maskapai penerbangan utama di negara itu, dengan penerbangan ke beberapa daerah di Afrika Selatan. Namun maskapai swasta ini menghentikan operasinya pada tahun 2009.

Untuk diketahui, Ethiopia Airlines telah mengoperasikan dan mengelola Malawi Airlines. Maskapai ini juga berhasil melampaui pesaing regionalnya yakni Kenya Airways dan South African Airways. Ethiopia Airlines berhasil menjadi maskapai terbesar di Afrika berdasar pendapatan.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya