Petro Poroshenko: Sosok 'Willy Wonka' Pernah Jadi Presiden Ukraina

Kini jabatan presiden 'Willy Wonka' diganti oleh 'Mr. Bean'

Apa jadinya seorang Willy Wonka memimpin suatu negara? Kisah yang satu ini memang sungguh terjadi. Sang Willy Wonka menjadi seorang presiden di negara lain, lebih tepatnya di Ukraina. Willy Wonka tersebut adalah Petro Poroshenko.

Berawal dari kejatuhan Uni Soviet, banyak perusahaan yang diprivatisasi. Salah satu yang menjadi kaya dari dampak keruntuhan Uni Soviet tersebut adalah Petro Poroshenko yang dikenal sebagai raja cokelat karena produknya sendiri terbesar di negaranya dan banyak diekspor ke luar negeri. Dari usahanya ini, mengantarkan Petro Poroshenko berpolitik yang pada akhirnya membawanya sebagai presiden Ukraina sebelum Volodymyr Zelenskyy.

Setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden, Poroshenko masih terlibat di dunia politik. Ketika Rusia menginvasi Ukraina pada tanggal 24 Februari 2022, Petro Poroshenko maju di medan perang demi mempertahankan negaranya dari gempuran Rusia.

Siapakah sebenarnya Petro Poroshenko? Bagaimana ia menjadi orang nomor satu di Ukraina? Berikut fakta mengenai 'Willy Wonka' Ukraina ini.

1. Menikah di usia muda

Petro Poroshenko: Sosok 'Willy Wonka' Pernah Jadi Presiden UkrainaPetro dan Maryna Poroshenko (instagram.com/petroporoshenko)

Bernama lengkap Petro Oleksiyovych Poroshenko, menikahi sang pujaan kala masih berkuliah di jurusan hubungan dan hukum Internasional Universitas Negeri Taras Shevchenko Kyiv, Ukraina. Wanita dinikahi oleh pria kelahiran 26 September 1965 ini adalah seorang mahasiswi kedokteran bernama Maryna. Pada tahun 1984, Maryna telah menjadi dokter spesialis jantung. 

Hubungan rumah tangga dengan kariernya berjalan dengan lancar. Meski begitu masa-masa awal mengarungi rumah tangga cukup berat dilalui karena ia sempat melaksanakan dinas militer. Rumah tangga mereka sendiri diberkati 4 orang anak, Oleksiy, Yevheniya dan Oleksandra (kembar), dan Mykhalio.

2. Menjadi pengusaha sukses setelah Uni Soviet jatuh

Petro Poroshenko: Sosok 'Willy Wonka' Pernah Jadi Presiden UkrainaPetro Poroshenko (instagram.com/petroporoshenko)

Sebelum dikenal sebagai 'Willy Wonka' Ukraina, Poroshenko mendirikan firma hukum berhubungan dengan perdagangan internasional ketika masih duduk di bangku mahasiswa. Setelah Uni Soviet jatuh, ia pun mengembangkan bisnis pengelolaan biji kakao. Setelah itu, ia membeli beberapa pabrik manisan dan disatukan dengan nama Roshen (nama tengah keluarga Poroshenko). Karena kariernya moncer di pengelolaan biji kakao, ia pun dijuluki sebagai raja cokelat di negaranya dan berhasil mengekspor produknya di beberapa bagian dunia.

Tidak hanya produk manisan, Poroshenko juga memiliki beberapa bisnis lain, salah satunya dua stasiun televisi yang dijualnya karena kebijakan UU Oligarki pada masa pemerintahan Volodymyr Zelenskyy di tahun 2021. Meski begitu, menurut Forbes 2021, Poroshenko mendapatkan pendapatan sebesar $1,6 Miliar dan menjadikannya sebagai orang terkaya ke-1931.

Baca Juga: Nyaru dengan Rusia, Ukraina Minta Kedubes Slovenia Turunkan Benderanya

3. Ikut berpolitik di tengah usahanya yang moncer

Petro Poroshenko: Sosok 'Willy Wonka' Pernah Jadi Presiden UkrainaPetro Poroshenko (twitter.com/poroshenko)

Usahanya yang tengah naik daun dimanfaatkan Poroshenko untuk berpolitik. Ia masuk parlemen pada tahun 1998. Sementara perusahaannya tersebut diserahkan kepada ayahnya. Karier parlemennya ini sendiri selanjutnya mengantarkan Poroshenko sebagai sekretaris dewan keamanan dan pertahanan Nasional Ukraina antara 8 Februari hingga 8 September 2005. Poroshenko yang merupakan salah satu oligarki berpengaruh di Ukraina pernah membawanya sebagai menteri luar negeri (2009-2010) dan Perdagangan (2012).

Puncaknya, ia pun menjadi presiden Ukraina yang ke-5 pada tahun 2014. Di mana pada saat itu Poroshenko mendapatkan suara sebanyak 54,7 persen di putaran pertama berdasarkan The Central Election Comission of Ukraine (Komisi Pemilihan Pusat Ukraina).

4. Jabatannya untuk kedua kali ditaklukkan oleh komedian kondang

Petro Poroshenko: Sosok 'Willy Wonka' Pernah Jadi Presiden UkrainaPoroshenko dan Zelenskyy (Deutsch Welle via Getty Images)

Berpengalaman di dalam politik dan pemerintahan bukan berarti langkah Poroshenko mulus saat mencalonkan diri sebagai presiden sebanyak dua kali. Ia justru ditaklukkan oleh seorang komedian yang minim berpolitik bernama Volodymyr Zelenskyy. Kebijakan menumpaskan korupsi dan mengakhiri konflik di negaranya dengan Rusia tidak berjalan mulus.  

Hal tersebut diperkuat dengan pemilihan presiden sebanyak dua kali yang lebih mengungguli Zelenskyy. Bahkan pada saat pemilihan kedua, perbedaan surat suara mereka jomplang. Dimana Zelenskyy meraih suara sebanyak 73,17 persen sementara Poroshenko hanya meraih suara sebanyak 24,5 persen.

5. Kembali aktif dinas militer setelah tidak lagi menjadi presiden

Petro Poroshenko: Sosok 'Willy Wonka' Pernah Jadi Presiden UkrainaPoroshenko dalam dinas militer (twitter.com/poroshenko)

Sementara Zelenskyy berjuang melalui kekuatan retorika dan media yang didapatnya melalui pengalaman selebritasnya, Poroshenko berjuang mempertahankan negaranya dengan kembali aktif dalam dinas militer. 

Pria kelahiran Bolhard, Region Odesa ini pertama kali melakukan dinas militer pada tahun 1984-1986 ketika Ukraina masih dalam bagian Uni Soviet. Ia pun turun ke jalan, mengangkat senjata, dan bergabung dengan pejuang Ukraina di medan perang. Demi kelancaran pertahanan negara tersebut, Poroshenko memberikan perlengkapan militer seperti 450 rompi anti peluru dan dua truk "bandera-mobiles" yang dilengkapi senjata, termasuk PKM. 

Sama seperti Zelenskyy, Poroshenko tidak kabur dari negaranya walaupun pihak Rusia menawarkannya suaka. Bahkan ia menyarankan kepada Zelenskyy untuk fokus keamanan negara mereka dari ancaman Rusia. 

'Willy Wonka' yang satu sempat menjadi presiden termuda di negaranya sebelum dikalahkan oleh 'Mr. Bean'. Untuk perjuangan mempertahankan negaranya sendiri patut diapresiasi oleh walaupun tidak lagi menjabat orang nomor satu di Ukraina.

Baca Juga: Benarkah Pertemuan Putin dan Zelenskyy Dipercepat usai Perundingan?

Kristi Ani Photo Verified Writer Kristi Ani

Apa?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya