4 Fakta Gempa 6,0 SR yang Mengguncang Taiwan Kamis Pagi 

Gempa Taiwan memutuskan aliran listrik di 2.000 bangunan

Jakarta, IDN Times - Gempa mengguncang Taiwan pada Kamis (8/8) pukul 05.28 waktu setempat. Biro cuaca pusat Taiwan menyebut, gempa berpusat di kedalaman 10 kilometer di timur laut wilayah Yilan. Getarannya terasa hingga ke pusat Taipei dan mengguncang gedung-gedung pencakar langit.

Sebelum diguncang gempa Kamis pagi, Taiwan sempat diporak-porandakan dengan guncangan gempa berkekuatan 6,1 Skala Ritcher pada April 2019, yang mengakibatkan gangguan arus lalu lintas dan melukai 17 orang. Sementara itu, pada 2016 lalu, selatan Taiwan juga diguncang gempa dan memakan korban jiwa sebanyak lebih dari 100 orang.

Berikut 4 fakta guncangan gempa 6,0 Skala Richter yang kembali mengguncang Taiwan pada Kamis pagi tadi, seperti dikutip dari Antara dan berbagai sumber.

Baca Juga: PLN: Pemadaman Listrik Bukan karena Gempa, Bukan Sabotase

1. Diguncang gempa magnitudo

4 Fakta Gempa 6,0 SR yang Mengguncang Taiwan Kamis Pagi via REUTERS/via ANTARA FOTO

Gempa yang baru saja terjadi di Taiwan yang berkekuatan 6,0 Skala Richter, merupakan jenis gempa magnitudo. Gempa jenis ini adalah sebuah besaran yang menyatakan energi seismik, yang dipancarkan oleh sumber gempa.

2. Akibat gempa, listrik padam di 2.000 bangunan

4 Fakta Gempa 6,0 SR yang Mengguncang Taiwan Kamis Pagi IDN Times/Yogi Pasha

Gempa berkekuatan 6 SR yang mengguncang pesisir timur laut Taiwan Kamis pagi,  membuat aliran listrik setidaknya pada 2.000 bangunan, terputus. Tidak hanya itu, listrik padam berimbas pada operasional layanan kereta api antar-wilayah di utara Taiwan, berhenti sementara. Selain itu, beberapa pihak juga melaporkan gempa membuat sejumlah pipa gas dan air bocor.

3. Gempa Taiwan terparah terjadi pada 1999

4 Fakta Gempa 6,0 SR yang Mengguncang Taiwan Kamis Pagi via REUTERS/via ANTARA FOTO

Pada 2019, Taiwan diguncang gempa sebanyak 2 kali, yang terjadi pada April dan Kamis (8/8). Pada tahun lalu, tepatnya Februari, gempa berkekuatan magnitudo 6,4 melanda dekat Kota Hualien dan menewaskan 17 orang.

Pada 2016 gempa juga terjadi hingga merenggut korban sebanyak 100 orang. Namun, dari getaran gempa yang menerjang Taiwan, getaran terburuk dan paling mengerikan dalam beberapa dekade terakhir adalah gempa pada September 1999, kekuatannya 7,6 Skala Ritcher dan menewaskan sekitar 2.400 orang.

4. Taiwan rentan terkena gempa

4 Fakta Gempa 6,0 SR yang Mengguncang Taiwan Kamis Pagi via REUTERS/via ANTARA FOTO

Secara geografis, Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik sehingga rentan terkena gempa bumi. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi mengenai korban akibat gempa yang terjadi pada Kamis ini. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya