Comscore Tracker

Atlet Senam Rusia Dikenai Sanksi Akibat Kenakan Simbol Z

Ivan Kuliak dilarang berkompetisi selama setahun

Jakarta, IDN Times- Atlet senam Rusia, Ivan Kuliak, dilarang tampil selama satu tahun oleh Federasi Senam Internasional (FIG). Sanksi ini diberikan akibat tindakan Kuliak yang menggunakan simbol Z di bagian dadanya saat kejuaran senam dunia di Doha, Qatar pada Maret lalu.

Saat itu, pesenam berusia 20 tahun tersebut mengenakan pakaian dengan simbol Z di dadanya. Simbol tersebut terlihat jelas saat ia menaiki podium untuk menerima medali perunggunya. Kuliak menunjukkan simbol itu di samping pesenam Ukraina, Illia Kovtun, yang memperoleh medali emas, dilansir The Guardian.

Simbol Z awalnya digunakan untuk menandai kendaraan-kendaraan Rusia pada saat invasi ke Ukraina. Kemudian, simbol tersebut diinterpretasikan sebagai lambang dukungan terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

1. Diminta untuk mengembalikan medali dan hadiah juara

Akibat perbuatannya, Kuliak diminta untuk mengembalikan medali perunggu yang diperolehnya dari kejuaraan saat itu.

Ia juga diminta untuk mengembalikan hadiah yang telah didapatnya senilai 500 franc Swiss atau setara Rp7,4 juta dan membayar biaya pengadilan sebesar 2.000 franc Swiss atau senilai Rp.29,8 juta, dilansir The Independent.

"Kuliak melanggar undang-undang FIG, kode disiplin FIG, kode etik FIG dan peraturan teknis FIG ketika dia mengenakan huruf 'Z' di pakaiannya," kata FIG dalam sebuah pernyataan. 

“Dia tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam acara atau kompetisi yang diselenggarakan oleh FIG atau oleh organisasi yang berafiliasi dengan FIG selama satu tahun sejak tanggal keputusan ini," tambah FIG.

Baca Juga: Tentara Rusia Bunuh Pria Ukraina 62 Tahun: Saya Salah, Mohon Dimaafkan

2. Mengaku tidak menyesal

Kuliak mengaku tidak menyesali perbuatannya. Ia mengatakan akan melakukan hal yang sama jika diberikan kesempatan kedua untuk mengulang momen tersebut. Kuliak juga merasa bahwa ia tidak melakukan hal yang salah.

"Saya melihatnya di militer kami dan melihat apa arti simbol ini,” kata Kuliak, yang menerima pelatihan dengan militer Rusia tahun lalu.

“Ternyata artinya 'untuk kemenangan' dan 'untuk perdamaian'. Saya tidak berharap sesuatu yang buruk pada siapa pun. Saya hanya menunjukkan posisi saya. Sebagai seorang atlet, saya akan selalu berjuang untuk kemenangan dan bermain untuk perdamaian," ujarnya. 

3. Bukan atlet Rusia pertama yang sampaikan dukungan atas perang

https://www.youtube.com/embed/rLgsmPVkkwo

Kuliak bukan atlet senam Rusia pertama yang dengan terang-terangan menyampaikan dukungannya terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Sebelum Kuliak, pesenam Svetlana Khorkina, yang memenangkan tujuh medali Olimpiade antara tahun 1996 dan 2004, membagikan simbol 'Z' secara online dengan keterangan, 'Kampanye untuk mereka yang tidak malu menjadi orang Rusia'.

Sementara itu, mantan penantang kejuaraan catur dunia, Sergey Karjakin, telah dilarang dari sejumlah turnamen bergengsi, termasuk tur Grand Chess, akibat beberapa komentar blak-blakannya yang mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Baca Juga: Kewalahan di Ukaina, Rusia Akan Izinkan Warga 40 Tahun Daftar Militer

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya