Comscore Tracker

Italia Dipimpin PM Meloni, Paus: Mohon Lebih Ramah Pengungsi

PM Meloni pernah menyebut ingin tenggelamkan kapal migran

Jakarta, IDN Times - Paus Fransiskus mengimbau warga Italia untuk membantu para migran. Menurutnya, para migran di Italia harus disambut, didampingi, dipromosikan dan diintegrasikan.

Pernyataan ini disampaikan Paus Fransiskus saat berbicara di akhir misa terbuka yang dilaksanakan di Kota Maltera, Italia, pada Minggu (26/9/2022).

“Mari kita memperbarui komitmen kita untuk membangun masa depan sesuai dengan rencana Tuhan, masa depan di mana para migran dan pengungsi dapat hidup dalam damai dan bermartabat," kata Paus, dikutip dari The Guardian.

1. Kritikan untuk partai sayap kanan Italia

Walaupun tidak merujuk secara langsung, pernyataan itu dinilai sebagai kritik terhadap partai sayap kanan Italia. Sebab, Italia saat ini sedang melakukan pemilihan umum dan partai sayap kanan, yang dipimpin Giorgia Meloni, memiliki kemungkinan besar untuk menorehkan kemenangan.

Meloni dikenal sebagai tokoh yang vokal menyuarakan pandangan antimigran dan pengungsi. Meloni pernah mengatakan, Italia perlu memulangkan para migran kembali ke negara mereka dan menenggelamkan kapal yang menyelamatkan mereka.

Meloni juga pernah berjanji, jika dia menjadi perdana menteri, dia akan menempatkan blokade laut di Mediterania untuk menghentikan migrasi ke Italia, dilansir dari The Guardian.

Baca Juga: Giorgia Melony, Perdana Menteri Baru Italia 

2. Paus Fransiskus juga pernah kritik Donald Trump

Ini bukan kali pertama bagi Paus mengkritik pemerintah yang dinilai anti-migrasi. Sebelumnya ia pernah mengkritik mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Paus menyebut, ide Trump untuk membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko akan mendatangkan begitu banyak penderitaan.

Paus juga sempat mengkiritik Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, atas kebiijakan antimigrannya.

Negara-negara Eropa turut menjadi sasaran kritik Paus karena dinilai tidak peduli pada krisis pengungsi di Yunani.

3. Warga Italia disarankan punya lebih banyak anak

Italia Dipimpin PM Meloni, Paus: Mohon Lebih Ramah PengungsiPaus Fransiskus. (ANTARA FOTO/Reuters-Kim Kyung Hoon)

Selain permasalahan pengungsi, Paus juga menyoroti permasahalah demografi yang dialami Italia. Paus menyarankan agar warga Italia mempunyai lebih banyak anak.

Hal ini mengingat, Italia menjadi salah satu negara dengan tingkat kelahiran terendah di dunia. Paus sendiri telah berulang kali menyinggung masalah demografi ini pada beberapa kesempatan.

"Saya ingin meminta kepada Italia, lebih banyak kelahiran, lebih banyak anak," kata Paus, dikutip dari ABC News.

Baca Juga: Paus Fransiskus Minta Maaf atas Kejahatan di Asrama Katolik Kanada

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya