Kunjungi Lviv, Angelina Jolie Dengarkan Curhatan Anak-anak Ukraina

Jolie semangati para penduduk Ukraina yang terdampak perang

Jakarta, IDN Times- Aktris Hollywood ternama, Angelina Jolie, gemparkan penduduk Kota Lviv, Ukraina, akibat kunjungannya yang mendadak pada Sabtu (30/4/2022). Hal itu dikonfirmasi oleh Gubernur Lviv, Maksym Kozytskiy, melalui Telegram.

Kozytskiy mengatakan bahwa dalam kunjungannya, Jolie berbicara dengan orang-orang terlantar yang telah mencari perlindungan di Lviv, termasuk anak-anak yang menjalani perawatan akibat cedera yang diderita dalam serangan rudal di stasiun kereta api Kramatorsk pada awal April, dilansir The Guardian.

1. Temui para pengungsi Ukraina

Setibanya di Lviv, Jolie mengunjungi stasiun kereta api di pusat kota tersebut untuk menyambut pengungsi internal yang tiba dengan kereta evakuasi dari Pokrovsk, sebuah kota di Donetsk, dilansir The Kyiv Independent.

Pada kesempatan itu, Jolie berbicara dengan para sukarelawan yang menyalurkan bantuan medis dan psikologis bagi para pengungsi. Ia juga mengapresiasi kerja keras para relawan.

"Dia berterima kasih kepada mereka atas pekerjaan mereka," kata Kozytskyy.

"Dia juga berbicara dengan para pengungsi yang berhasil meninggalkan zona perang aktif," tambahnya, dilansir CNN.

Baca Juga: Meski Gagal Diduduki Rusia, Donbass Dikhawatirkan Tinggal Puing-Puing

2. Jolie bercengkerama dengan anak-anak korban perang

Jolie juga menghabiskan waktunya dengan mengunjungi anak-anak dan sukarelawan di fasilitas medis kota itu. Dia bercengkerama dengan para anak-anak dan mendengarkan cerita mereka.

“Dia sangat tersentuh oleh cerita mereka. Seorang gadis bahkan dapat memberi tahu Nona Jolie tentang mimpi yang dia alami," tambahnya.

Kozytskiy mengatakan bahwa Jolie juga mengunjungi sebuah sekolah asrama di kota itu untuk berbicara dan berfoto dengan para siswa. Jolie juga berjanji bahwa ia akan datang lagi.

“Dampak perang terhadap generasi anak-anak Ukraina sangat menghancurkan,” kata Jolie dikutip dari Washington Post. 

“Tidak ada anak di mana pun yang harus meninggalkan rumah mereka, atau menyaksikan pembunuhan orang yang mereka cintai, atau mengalami penembakan dan penghancuran rumah mereka. Namun itulah kenyataan dari begitu banyak anak di Ukraina dan di seluruh dunia,” tambahnya.

3. Kunjungannya bukan bagian dari misi UNHCR

Angelina Jolie memang dikenal sebagai aktris yang aktif di berbagai gerakan kemanusiaan. Ia juga telah aktif menjadi salah satu relawan dan utusan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) sejak 2011.

Sebelumnya, Jolie pernah mengunjungi Kota Mosul di Irak pada 2011 dan Yaman bulan lalu. Jolie juga sempat menyambangi sebuah rumah sakit anak di Roma, Italia, untuk menemui para pengungsi muda dari Ukraina bulan lalu.

Joung-ah Ghedini-Williams, juru bicara UNHCR, mengatakan bahwa kunjungan Jolie ke Lviv bukan bagian dari misi organisasi tersebut.

“Angelina Jolie berkunjung ke wilayah itu atas keinginan pribadinya, dan UNHCR tidak terlibat dalam kunjungan ini,” kata Ghedini-Williams.

Baca Juga: Berjihad ke Ukraina, Mantan Marinir AS Tewas saat Lawan Pasukan Rusia

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya