Pria Ghana Tewas Diterkam Singa karena Nekat Masuk Kandang

Korban dicurigai hendak mencuri anak singa

Jakarta, IDN Times - Seorang pria paruh baya tewas diterkam seekor singa pada Minggu (28/8/2022) di Ghana. Pria tersebut tewas setelah nekat memanjat masuk ke dalam kandang singa di sebuah kebun binatang di Kota Accra.

Menurut otoritas setempat, pria tersebut menyusup pada pukul 12 siang ke dalam kandang dengan memanjat dua pagar setinggi 10 dan 20 kaki.

Seekor singa kemudian mendekat dan menyerang penyusup tersebut, sehingga mengakibatkan luka parah yang akhirnya merenggut nyawa, dilansir dari Africa News.

1. Penyusup diserang oleh singa betina yang mempunyai anak

Singa betina yang menyerang pria tersebut ternyata masih mempunyai dua anak.

Wakil Menteri Pertanahan dan Sumber Daya Alam Ghana, Benito Owusu Bio, menyebut sang singa bertindak agresif karena mengira anaknya terancam oleh si penyusup.

Benito juga memperingatkan agar pengunjung tidak melakukan hal serupa ke depannya.

"Singa memiliki anak, jadi jika Anda terlalu dekat, mereka mungkin merasa Anda mencoba mengambil bayi mereka," kata Benito.

"Kami meminta masyarakat untuk berhenti melakukan hal seperti ini," tambahnya, dikutip dari BBC.

Baca Juga: Ghana Laporkan 2 Kematian Akibat Virus Marburg, Apa Lagi Ini?

2. Motif penysupan belum diketahui pasti

Motif dari penyusupan belum diketahui pasti. Juru bicara kepolisian setempat mengatakan, pihaknya telah memulai penyelidikan untuk mengetahui motif pasti dari tindakan tersebut.

Namun, otoritas satwa liar berspekulasi, pria tersebut berusaha untuk mencuri dua anak singa putih langka yang lahir di kebun binatang tersebut pada November lalu.

Sejak kelahirannya, kedua anak singa tersebut telah menjadi daya tarik bagi pengunjung kebun binatang.

Kebun binatang Accra awalnya didirikan sebagai kebun binatang pribadi pada 1960-an oleh presiden pertama Ghana, Kwame Nkrumah. Kebun binatang tersebut baru dibuka untuk umum setelah Kwame Nkrumah digulingkan pada 1966, dilansir dari The Guardian.

3. Singa dipindahkan ke tempat yang lebih aman

Singa betina dan kedua anaknya sementara dipindahkan ke kandang yang lebih aman. Petugas berhasil mengamankan jenazah korban dan membawanya ke rumah sakit setempat.

Pada Senin (29/8/2022), Benito dan Kepala Komisi Kehutanan, John Allotey, melakukan kunjungan ke kebun binatang Accra. Kunjungan keduanya dilakukan untuk memastikan fasilitas kebun binatang tersebut tetap aman, dilansir dari Ghana Web.

Baca Juga: 10 Wisata Pantai Populer di Ghana, Jadi Favorit Para Turis!

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya