Comscore Tracker

Rusia Ancam Akhiri Hubungan dengan Bulgaria Usai 70 Diplomatnya Diusir

Rusia mengancam menutup kedutaannya di Bulgaria

Jakarta, IDN Times - Rusia mengancam untuk menutup kantor kedutaanya di Kota Sofia, Bulgaria, pada Jumat (1/6/2022). Ancaman itu disampaikan setelah 70 diplomat Rusia diusir dari Bulgaria atas dugaan spionase.

Rencana ini disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Bulgaria, Eleonora Mitrofanova, setelah ultimatumnya untuk membatalkan pengusiran para diplomat Moskow tersebut ditolak mentah-mentah. 

Mitronova mengatakan bahwa dirinya akan segera mengajukan permintaan untuk menutup kedutaan ini kepada pemerintah Rusia, dilansir Moscow Times.

1. Bulgaria usir 70 diplomat Rusia

Tensi antara kedua negara mencapai puncaknya ketika Perdana Menteri Bulgaria, Kiril Petkov, mengumumkan pengusiran 70 diplomat Rusia pada hari Selasa.

Jumlah dilpomat Rusia yang diusir merupakan yang paling banyak dalam sejarah Bulgaria, dan menyasar lebih dari setengah diplomat Moskow di Sofia.

Ketkov mengatakan, pengusiran ini dilakukan karena adanya kekhawatiran terkait aksi spionase oleh Rusia. Para diplomat yang terusir dituduh bekerja langsung kepada intelijen Rusia dan aktivitas diplomatiknya diduga hanya sebagai kedok belaka.

Baca Juga: Fakta-Fakta Misi Perdamaian Jokowi ke Ukraina dan Rusia 

2. Rusia sampaikan ultimatum

Sebelum berencana untuk menutup kedutaan di Sofia, Rusia terlebih dahulu menyampaikan ultimatum kepada pemerintah Bulgaria.

Mitrofanova meminta Kementerian Luar Negeri Bulgaria untuk membatalkan pengusiran diplomat tersebut. Mitrofanova juga menyampaikan, tindakan tersebut akan dibalas Rusia dengan mentutup kedutaan di Sofia dan kedutaan Bulgaria di Moskow.

Bulgaria kemudian menolak untuk mematuhi ultimatum tersebut dan mengecamnya karena dianggap telah menakuti warganya.

"Sayangnya seruan kami kepada Kementerian Luar Negeri Bulgaria diabaikan. Saya bermaksud untuk segera mengajukan pertanyaan tentang penutupan kedutaan Rusia di Bulgaria di hadapan kepemimpinan negara saya, yang pasti akan berarti penutupan misi diplomatik Bulgaria di Moskow," kata Mitrofanova, dikutip dari Reuters.

3. Bulgaria masih ingin pertahankan hubungan diplomatik dengan Rusia

Menariknya, walaupun telah mengusir 70 diplomat Rusia, Bulgaria masih ingin menjaga hubungan diplomatik dengan Moskow.

Menurut Petkov, Rusia masih punya 43 diplomat di Bulgaria dan itu dirasa cukup untuk menjalankan misi diplomatik. Jumlah ini dinilai masih cukup banyak jika dibandingkan dengan Bulgaria sendiri yang hanya punya 12 diplomat di Moskow.

"Hubungan diplomatik kami harus berlanjut. Kami memiliki sejarah. Rakyat kami adalah orang-orang yang ramah. Tetapi tidak ada negara yang boleh berpikir bahwa beberapa diplomat dapat memberikan ultimatum kepada Bulgaria yang merdeka dan bebas," kata Petkov.

Baca Juga: Rusia Ancam Norwegia soal Konflik di Arktik 

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya