Comscore Tracker

Pemerintah Kolombia Dituntut Aksi Nyata Lawan Kerusakan Hutan Amazon

Gugatan yang diajukan oleh 25 orang penggugat!

Kerusakaan hutan yang terus terjadi di dunia merupakan salah isu penting yang harus segera dicarikan solusinya. Setiap tahunnya luas kerusakan terus bertambah, salah satunya yang terjadi pada hutan Amazon. Memahami pentingnya fungsi hutan bagi kehidupan, 25 orang pemuda dari Kolumbia mengajukan sebuah tuntutan kepada pemerintah untuk melawan kerusakan hutan Amazon. Dilansir dari weforum.org tuntutan mereka dimenangkan oleh pengadilan dan pemerintah Kolumbia diminta untuk segera menyiapkan rencana dalam melawan kerusakan hutan Amazon di Kolombia.

1. Luas kerusakan hutan Amazon di Kolombia

Pemerintah Kolombia Dituntut Aksi Nyata Lawan Kerusakan Hutan Amazonthinkglobalgreen.org

Seperti yang kita tahu salah satu faktor penyebab terjadinya pemanasan global yang berakibat pada berubahan iklim diakibatkan oleh terjadinya kerusakan hutan yang terjadi diberbagai belahan dunia tidak terkecuali hutan Amazon di Kolombia. Hutan Amazon di Kolombia mengalami peningkatan kerusakan sekitar 44% dari tahun 2015 hingga 2016. 

2. Sebanyak 25 orang mengajukan gugatan pada pemerintah

Pemerintah Kolombia Dituntut Aksi Nyata Lawan Kerusakan Hutan Amazonwordpress.brazil-travel.net

Hutan sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup tidak terkecuali manusia, memahami pentingnya fungsi hutan 25 orang yang terdiri dari pemuda berusia 7 hingga 26 tahun mengajukan sebuah gugatan kepada pemerintah Kolombia pada bulan Januari 2018. Para pemuda tersebut mengingankan perlindungan hutan Amazon dari kerusakan yang terus terjadi.

Menurut para penggugat pemerintah Kolombia gagal dalam melindungi hutan Amazon dari kerusakan dan juga melanggar hak mereka untuk memperoleh lingkungan yang sehat, mereka menilai kerusakan hutan Amazon akan membahayakan kehidupan mereka di masa depan.

Tuntutan yang diajukan oleh 25 orang pemuda ini mendapat dukungan dari organisasi cinta lingkungan yang berada di Bogota, menurut mereka ini tuntutan semacam ini baru pertama kali terjadi di Amerika Latin.

3. Pengadilan memenangkan gugatan yang diajukan oleh penggugat

Pemerintah Kolombia Dituntut Aksi Nyata Lawan Kerusakan Hutan Amazonharvardforest.fas.harvard.edu

Dalam keputusannya pengadilan mengakui bahwa hutan Amazon di Kolombia memiliki hak yang sama seperti manusia. Pengadilan memerintahkan dalam waktu 4 bulan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kementrian lingkungan harus menyiapkan aksi nyata dalam melindungi hutan Amazon Kolombia dari berbagai macam hal yang dapat menyebabkan kerusakan hutan seperti penebangan hutan secara ilegal, penambangan, pembukaan hutan untuk pertanian dan lain-lain.

Keputusan pengadilan juga menyatakan bahwa tanpa lingkungan yang sehat makhluk hidup tidak akan mampu bertahan, apalagi melindungi hak generasi dimasa mendatang.

lia faiqotul muniroh Photo Verified Writer lia faiqotul muniroh

Kreatif, Inovatif, Mandiri, Menyenangkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya