Jembatan Layang di Italia Roboh, Korban Mencapai Puluhan

Pencarian akan berlangsung selama beberapa hari

Genoa, IDN Times - Sebuah jembatan layang di kota Genoa, Italia, roboh pada Selasa (14/8). Dalam insiden tersebut, puluhan korban tewas dan luka-luka serta kerusakan kendaraan dan bangunan yang berada di sekitar area bagian jembatan yang roboh.

Salah satu saksi mata, Davide Di Giorgio, sedang merekam hujan dari jendela kantornya ketika melihat bagian jembatan yang sudah ambruk. Ia mengaku mendengar suara yang keras dan jembatan kemudian roboh.

"Saya dan rekan-rekan saya gemetaran. Itu menakutkan," kata Di Giorgio, seperti dilaporkan The Guardian.

1. Pencarian korban masih terus dilakukan

Jembatan Layang di Italia Roboh, Korban Mencapai PuluhanIlustrasi ambulans (Pixabay)

Sepanjang 80 meter bagian jembatan jatuh menimpa jalan raya A10. Dikutip dari CNN, Pemerintah wilayah Liguria mengatakan korban tewas sejauh ini berjumlah 26 orang.

Sementara itu, menurut Kepala Badan Perlindungan Sipil Italia Angelo Borrelli, seperti dimuat CNN, kejadian tersebut mengakibatkan 30 kendaraan dan beberapa truk muatan berat rusak.

Juru bicara kepolisian Genoa Alessandra Bucci mengatakan, operasi penyelamatan akan terus dilanjutkan karena kemungkinan masih ada orang yang berada di bawah reruntuhan jembatan.

"Sekarang kami fokus menyelamatkan orang-orang, dan kemudian baru kita akan mengetahui apa yang menyebabkan jembatan itu roboh," ujar Bucci, seperti dilansir BBC.

Baca Juga: Bareng Keluarga, 9 Potret Hangat Liburan Maudy Ayunda di Italia

2. Otoritas selidiki penyebab robohnya jembatan

Jembatan Layang di Italia Roboh, Korban Mencapai PuluhanIlustrasi hujan lebat (Pixabay)

Jembatan tersebut dilaporkan roboh setelah 15 hingga 20 menit cuaca buruk melanda kota Genoa. Hujan lebat disertai kilat dan petir terjadi pada hari itu, seperti dilansir CNN.

Meski cuaca buruk diduga sebagai penyebab robohnya jembatan, beberapa warga setempat mempertanyakan kondisi jembatan yang sudah berumur lebih dari 50 tahun itu.

"Masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang menyebabkan keruntuhan tragis itu, tetapi karena jembatan beton ini telah berdiri selama 50 tahun, ada kemungkinan korosi pada tendon dapat menjadi salah satu faktor," kata Ian Firth, insinyur struktural yang mengkhususkan diri dalam pembangunan jembatan, seperti dikutip CNN.

3. Jembatan tersebut sudah berumur 50 tahun

Jembatan Layang di Italia Roboh, Korban Mencapai PuluhanIlustrasi jembatan (Pixabay)

Jembatan bernama Jembatan Morandi tersebut dibangun sekitar tahun 1960-an. Memiliki tinggi 90 meter dengan panjang lebih dari 1 kilometer, jembatan ini menghubungkan Italian Riviera dan pantai Prancis bagian selatan.

Ahli teknik di Universitas Luiss, Roma, Andrea Montefusco mengatakan, Jembatan Morandi adalah salah satu jembatan yang istimewa. "Jembatan ini seperti permata dalam dunia teknik di Italia karena pada saat jembatan ini dibangun, telah menggunakan teknik rekayasa yang baru. Saat masih kecil, saya sangat menikmati saat melewati jembatan ini," kata Montefusco kepada The Guardian.

Jembatan ini kemudian pernah mengalami perbaikan di tahun 2016. Tujuannya adalah untuk memperkuat pondasi jembatan. Namun, mengingat umur jembatan yang sudah mencapai setengah abad, perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kerusakan jembatan.

Baca Juga: 10 Kota Terbaik di Dunia, Bali Berhasil Kalahkan Italia Lho!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya