7 Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ada Space X!

Selain NASA, ada banyak badan antariksa yang keren, lho!

Jakarta, IDN Times - Program eksplorasi ruang angkasa telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Organisasi antariksa sendiri didefinisikan sebagai badan, otoritas, dan asosiasi otoritas publik, orang, usaha, dan entitas yang terlibat dalam eksplorasi dan/atau eksploitasi ruang angkasa untuk tujuan sipil atau militer.

Dalam sejarahnya, badan antariksa memiliki karakteristik utama sebagai organisasi nasional atau supranasional, yang ditugaskan untuk mengelola aktivitas ruang angkasa.

Dengan demikian, tercipta banyak kolaborasi untuk menyatukan pengembangan peluncur, studi tentang lingkungan luar angkasa, eksplorasi tata surya, pengamatan Bumi, astronomi, kosmologi, telekomunikasi dan cuaca luar angkasa, serta teknologi ruang angkasa.

Setidaknya, terdapat hampir 72 organisasi atau badan antariksa berbeda yang terlibat dalam program luar angkasa di seluruh dunia. Sebagian besar badan antariksa bekerja sama dengan badan antariksa yang berbeda.

Beberapa di antaranya memiliki keunggulan sehingga berada dalam posisi di depan yang didukung oleh berbagai hal seperti misi yang sukses, kekuatan anggaran dan prestasi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah daftar badan antariksa terbaik di dunia berdasarkan anggaran, pencapaian, dan lainnya.

1. National Aeronautics and Space Administration (NASA)

7 Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ada Space X!Ilustrasi astronaut NASA (Instagram/nasa)

Tahun Berdiri: 1958
Anggaran: 20,7 miliar dolar AS (2018)

NASA adalah badan antariksa tertua dan tersukses. NASA adalah badan antariksa independen dan tidak dikendalikan oleh departemen mana pun di AS. NASA bertanggung jawab langsung kepada presiden. 

Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah memainkan peran utama dalam eksplorasi planet, penelitian asteroid, dan eksplorasi alam semesta. Sebagian besar misi luar angkasa sukses dipimpin oleh NASA di seluruh dunia. NASA juga memiliki stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) sendiri. 

Amerika Serikat dalam hal ini memiliki jumlah misi luar angkasa terbanyak yang dikirim ke luar bumi. Karena NASA, Amerika Serikat menjadi negara kedua yang berhasil mengirim manusia ke luar angkasa setelah Uni Soviet. Misi luar angkasa pertamanya di bawah Program Merkurius. Program ini berlangsung selama lima tahun.

NASA menjadi badan antariksa pertama yang meluncurkan pesawat ruang angkasa Galileo ke Jupiter pada 1995 dan mempelajari planet terbesar di galaksi ini. 

NASA telah meluncurkan dua misi luar angkasa paling sukses Voyager 1 dan Voyager 2 yang mencapai Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptun, dan Antariksa Antarbintang. Sedangkan misi luar angkasa paling terkenal oleh negara itu adalah Apollo, yang menelan biaya pemerintah sebesar 20,4 miliar dolar AS dan memiliki durasi 15 tahun.

2. China National Space Administration (CNSA)

7 Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ada Space X!Ilustrasi astronaut CNSA (Instagram/cnsa_cn)

Tahun Berdiri: 1993
Anggaran Tahunan: 11 miliar dolar AS (2017)

Sebagai kekuatan dunia yang baru muncul, China memiliki ambisi luar angkasa yang besar dan sudah menjadi salah satu dari sedikit negara yang telah mencapai perjalanan luar angkasa.

Menariknya adalah badan Antariksa Nasional China ini menjalankan sebagian besar program luar angkasa secara mandiri dan tidak bekerja dengan berbagai badan di dunia.

Karena itu CNSA menjadi satu-satunya badan antariksa yang tidak terlibat, maupun tidak berafiliasi, dalam International Space Station (ISS) dan memiliki Stasiun Luar Angkasa kecil sendiri.

Pada 1970, China berhasil meluncurkan satelit komunikasi pertamanya, Dong Fang Hong - I. CNSA telah mengirim 11 astronaut ke luar angkasa sejak 2003. Pada 2007 CNSA juga telah meluncurkan misi pertama mereka ke Bulan dan berhasil melakukan uji antisatelit pada komputernya sendiri pada 2007.

Selanjutnya, di tahun 2012, tiga astronaut di Shenzhou 9 melakukan docking pesawat ruang angkasa berawak pertama, menghubungkannya ke stasiun ruang angkasa prototipe Tiangong-1.

CNSA menyelesaikan pendaratan lunak pertama di bulan pada 2014, menggunakan robot pendarat dan penjelajah bulan pertamanya, CHANG'e 3. 

Baca Juga: Kompak! Astronaut AS dan Rusia Pulang Bareng dari ISS

3. European Space Agency (ESA)

7 Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ada Space X!Ilustrasi kegiatan ESA (www.esa.int)

Tahun Berdiri: 1975
Anggaran Tahunan: 7 miliar dolar AS (2018)

European Space Agency adalah organisasi multinasional dari berbagai negara Eropa. Badan Antariksa Eropa ini dapat mengelola kegiatan dan inisiatif jauh melampaui batas negara Eropa mana pun, dengan menyatukan aset intelektual dan keuangan semua anggota.

Badan Antariksa Eropa terdiri dari 22 negara anggota dan badan antariksa mereka sendiri. Alih-alih satu badan antariksa, badan tersebut memperoleh keuntungan dari banyak badan antariksa dan dapat mengerjakan beberapa inisiatif luar angkasa pada saat yang bersamaan.

Dalam penelitiannya, Badan Antariksa Eropa memiliki fokus dalam hal bulan dan planet di tata surya. Cassini tiba di Saturnus pada 2004 dan telah mengirimkan data tentang Saturnus serta bulan-bulannya sejak saat itu.

Organisasi ini juga memiliki inisiatif luar angkasa yang direncanakan untuk Jupiter dan Merkurius, serta ambisi untuk menyelidiki galaksi dan memahami materi gelap, yang terus memperluas alam semesta kita.

European Space Agency (ESA) memiliki kontribusi yang sangat signifikan terhadap ISS.

Ariane, sistem peluncuran agensi itu sendiri, telah melalui beberapa tahap pengembangan selama empat dekade. Banyak planet di tata surya kita telah dikunjungi oleh pesawat ruang angkasa dan peralatan ESA, terutama Mars Express dan Cassini (yang dikembangkan bekerja sama dengan NASA), telah berhasil mengorbit Saturnus dan bulan-bulannya sejak 2004.

Rosetta, misi luar angkasa ESA, menangkap dari dekat foto komet 67P/Churyumov-Gerasimenko dan mengirim pendarat ke permukaan. Teleskop satelit GAIA-nya sekarang memetakan miliaran benda langit dengan presisi yang luar biasa.

Proyek penting lainnya dari ESA baru-baru ini adalah Venus Express yang terus-menerus menyediakan data dari orbit kutubnya di sekitar Venus, LISA Pathfinder yang menjelajahi gelombang gravitasi, dan Teleskop Luar Angkasa James Webb (dipimpin oleh NASA), serta ExoMars yang berkolaborasi dengan Roscosmos.

Badan tersebut juga aktif merencanakan misi untuk Jupiter JUICE dan Merkurius BepiColombo, serta yang lain untuk melihat kosmos energik Athena dan mempelajari materi gelap Euclid. Selain itu, mereka sedang mengerjakan versi berikutnya dari sistem satelit navigasi Galileo.

4. Russian Federal Space Agency (ROSCOSMOS)

7 Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ada Space X!Potret roket yang dikembangkan Roscosmos (Instagram/roscosmosofficial)

Tahun Berdiri: 1992 
Anggaran Tahunan: 3,27 miliar dolar AS (2015)

Badan Antariksa Rusia atau Roscosmos adalah titik fokus untuk semua aktivitas luar angkasa Rusia. Mereka telah berhasil melakukan berbagai operasi sipil, seperti program astronaut dan pemantauan Bumi, serta peluncuran militer bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Federasi Rusia.

Roscosmos adalah salah satu organisasi luar angkasa paling terkenal di dunia. Roscosmos tidak mengkhususkan dirinya dalam penelitian khusus seperti eksplorasi planet, komunikasi, transportasi, dan sebagainya.

Namun sebaliknya, mereka ingin menjadi tempat bersama dalam satu pusat untuk semua inisiatif tentang luar angkasa. Roscosmos dipisahkan dari badan antariksa Soviet sebelumnya.

Sebagai penerus kekuatan antariksa Uni Soviet, setidaknya antara tahun 1955 dan 1965, bekas Program Luar Angkasa Soviet telah mencapai banyak hal dalam penelitian antariksa yang pertama di dunia, termasuk satelit Bumi buatan pertama, Sputnik-1, lelaki pertama (Yuri Gagarin) dan perempuan (Valentina Tereshkova) yang berhasil mengorbit di luar angkasa, penerbangan luar angkasa pertama yang membawa lebih dari satu awak ke orbit Voskhod 1, dan pesawat ruang angkasa pertama yang mendekati Bulan Luna 1.

Roscosmos didirikan pada zaman yang sangat berbeda, tepat setelah Program Uni Soviet dihentikan pasca kebubarannya. Sekarang, organisasi tersebut menyediakan layanan peluncuran ke negara lain sambil juga menjalankan misi pesawat ruang angkasanya sendiri, seperti sebagai satelit navigasi GLONASS, satelit telekomunikasi, dan satelit militer.

Mereka juga menginvestasikan sebagian kecil dari sumber dayanya di ISS. Roscosmos secara aktif berkolaborasi dengan ESA dalam proyek ExoMars, yang mencari tanda-tanda kehidupan di Mars. Mereka juga sedang mengerjakan pos luar bulan yang sepenuhnya memakai robot Luna-Glob yang akan dikerahkan awal 2020-an ini.

Baca Juga: 8 Tanaman Ini Sukses Tumbuh di Antariksa, Ada yang Berhasil Dimakan!

5. Indian Space Research Organisation (ISRO)

7 Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ada Space X!Ilustrasi ISRO (www.isro.gov.in)

Tahun Berdiri: 1969
Anggaran Tahunan: 1,5 miliar dolar AS (2018)

ISRO menggunakan teknologi luar angkasa untuk pembangunan nasional. Mereka telah melakukan sejumlah operasi skala besar baik dalam skala nasional maupun internasional. Pada tahun-tahun awalnya, ISRO tidak menerima dana dari organisasi luar angkasa mana pun.

Namun nyatanya, ISRO berhasil memecahkan banyak rekor dunia, termasuk menjadi negara pertama yang meluncurkan satelit ke orbit Mars pada upaya pertamanya dengan biaya yang sangat murah, yaitu di bawah 75 juta dolar AS, sehingga menjadikannya misi luar angkasa termurah sepanjang masa.

Pada 2017, ISRO kembali membuat rekor dunia dengan meluncurkan 104 satelit ke luar angkasa dalam satu peluncuran menggunakan roket PSLV-C 37.

Badan ini berfokus pada misi luar angkasa yang hemat biaya dan terus berkembang setiap hari.

Organisasi ini mengoperasikan armada satelit geostasioner multifungsi (INSAT) dan satelit penginderaan jauh (IRS) untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi dan observasi Bumi yang meningkat di negara ini.

ISRO juga menciptakan alat dan solusi satelit untuk aplikasi khusus seperti prakiraan cuaca, navigasi, sistem informasi geografis, telemedicine, dan misi pencarian serta penyelamatan.

Pada 2008, India meluncurkan misi bulan pertamanya menggunakan Kendaraan Peluncur Satelit Polar yaitu roket PSLV-XL. Perkiraan biaya proyek ini hanya 54 juta dolar AS.

Saat ini ISRO sedang mengembangkan program tentang kendaraan peluncuran yang dapat digunakan kembali, kendaraan dua tahap khusus dan terbaik untuk mengorbit, mesin semi-kriogenik, dan program luar angkasa manusia.

6. SpaceX

7 Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ada Space X!Potret Falcon 9 buatan SpaceX (Instagram/spacex)

Tahun Berdiri: 2002
Anggaran Tahunan:  Tidak diungkapkan karena merupakan badan antariksa milik swasta

Satu dekade yang lalu, sulit untuk mempercayai bahwa perusahaan swasta dapat bersaing dengan badan antariksa milik pemerintah. Namun ambisi, dedikasi, dan kerja keras tim SpaceX nyatanya benar-benar mengubah pikiran banyak orang. SpaceX adalah organisasi luar angkasa swasta yang didirikan oleh Elon Musk.

Perusahaan ini telah berhasil dan mencapai beberapa tonggak sejarah yang sejauh ini belum pernah dicapai oleh badan antariksa swasta lainnya. Roket propelan cair pertama yang didanai swasta Falcon 1 mencapai orbit pada 2008. SpaceX juga menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim pesawat luar angkasa ke ISS Dragon pada 2012.

Selain itu, SpaceX juga berhasil dalam pendaratan pendorong pertama untuk roket orbital Falcon 9 pada 2015. Saat ini, SpaceX dikenal sebagai produsen kedirgantaraan swasta Amerika dan perusahaan jasa transportasi ruang angkasa yang paling sukses. Tujuan utama mereka adalah untuk mengurangi harga dan meningkatkan keandalan akses ke ruang angkasa.

Pada 2016, Elon Musk mengungkapkan misi arsitektur program Sistem Transportasi Mars. Satu tahun kemudian, ia meluncurkan konfigurasi sistem yang diperbarui, sekarang disebut Big Falcon Rocket (BFR). Ini direncanakan menjadi roket terbesar dan sepenuhnya dapat digunakan kembali, dijadwalkan untuk awal 2020-an ini.

Menggunakan BFR , perusahaan berencana untuk mendaratkan 2 kapal kargo (tanpa awak) ke Mars pada 2022. SpaceX sekarang sedang mengerjakan misi Mars yang akan membawa manusia ke Mars pada tahun 2026, dan menjadikan umat manusia multiplanet.

7. Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA)

7 Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ada Space X!Potret kegiatan JAXA (Instagram/jaxajp)

Dibentuk: 1993
Anggaran Tahunan: 2,03 miliar dolar AS (2013)

Jepang tidak hanya terkenal karena teknologinya, tetapi juga karena program luar angkasanya. JAXA sangat terlibat dalam eksplorasi asteroid dan Penelitian Bulan. JAXA juga mengembangkan satelit canggih untuk Badan Antariksa lainnya dari berbagai negara. 

JAXA didirikan sebagai lembaga kinerja utama untuk membantu pengembangan kedirgantaraan pemerintah Jepang secara keseluruhan, dan melakukan operasi terpadu mulai dari penelitian dan pengembangan mendasar hingga implementasi.

JAXA terlibat dalam sejumlah proyek canggih, termasuk peluncuran satelit, eksplorasi Bulan berawak prospektif, dan penelitian asteroid. Pada 2005, mereka meluncurkan Multi-Fungsional Transport Satellite 1R untuk pemantauan cuaca.

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi pada Astronot Setelah Kembali dari Luar Angkasa

Luthfi Ridzki Fakhrian Photo Writer Luthfi Ridzki Fakhrian

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya