5 Respons Negara Tetangga atas Pengunduran Diri PM Jepang, Shinzo Abe

Abe kebanjiran ucapan terima kasih dan doa untuk kesembuhan

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe resmi mengundurkan diri hari ini, Jumat (28/8/2020), dengan alasan kesehatan. Pengumuman ini menjadi sorotan tidak hanya di Jepang juga dalam pemberitaan internasional.

"Meskipun masih ada satu tahun lagi dalam masa jabatan saya dan ada tantangan yang harus dihadapi, saya telah memutuskan untuk mundur sebagai perdana menteri," kata Abe konferensi pers pada Jumat (28/8/2020) pukul 17.00 waktu Tokyo seperti dilansir NHK. Delapan tahun belakangan, Abe diketahui rutin melakukan pemeriksaan terhadap penyakit kronis yang dideritanya.

Menutup perjalanannya sebagai Perdana Menteri Negeri Sakura, Abe mendapat dukungan dan ucapan dari sejumlah tokoh dan petinggi negeri tetangga. Berikut dukungan dan doa yang disampaikan dari para pemimpin dan perwakilan negara tetangga. 

1. Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson

5 Respons Negara Tetangga atas Pengunduran Diri PM Jepang, Shinzo AbeUnggahan PM Inggiris, Boris Johnson untuk PM Jepang, Shinzo Abe (Twitter/BorisJohnson)

Lewat akun Twitternya (@BorisJohnson), Boris Johnson menyampaikan pujiannya kepada Shinzo Abe.

"@AbeShinzo sudah meraih hal-hal luar biasa sebagai Perdana Menteri Jepang - bagi negaranya dan bagi dunia. Di bawah pelayanannya, hubungan UK-Jepang menjadi lebih kuat dalam perdagangan, pertahanan dan budaya. Terima kasih untuk semua tahun pengabdian Anda dan saya berharap Anda selalu sehat," tulis Boris Johnson dalam cuitannya.

Baca Juga: Perdana Menteri Jepang Minta Indonesia Kirim Alat Pelindung Diri 

2. Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong

5 Respons Negara Tetangga atas Pengunduran Diri PM Jepang, Shinzo AbePerdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong bersama Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe (Twitter/leehsienloong)

Ucapan dan doa baik juga datang dari Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong.

"Saya menyesalkan bahwa Perdana Menteri Jepang, Abe Shinzo mengundurkan drii dari kantornya karena alasan kesehatan. Saya telah bekerja sama dengan baik bersama dia hingga hampir sembilan tahun. Saya berharap Abe-san dapat pemulihan dan dapat memulai pengobatan untuk kondisinya," tulis Lee lewat akun Twitternya (@Leehsienloong).

3. Konselir Austria, Sebastian Kurz

5 Respons Negara Tetangga atas Pengunduran Diri PM Jepang, Shinzo AbeUnggahan Konselir Austria, Sebastian Kurz untuk PM Jepang Shinzo Abe (sebastiankurz)

Ucapan terima kasih juga datang dari Konselir Austria, Sebastian Kurz lewat cuitannya dari akun @sebastiankurz.

"Saya ingin berterima kasih kepada Perdana Menteri Abe Shinzo untuk kerjasama yang luar biasa antara Jepang dan Austria. Saya juga mendoakan yang terbaik untuk kesehatannya," tulis sebastian.

"Adalah sebuah kehormatan untuk menjadi tamunya tahun lalu di Tokyo dalam perayaan 150 tahun hubungan bilateral kami," sambung dia lagi.

4. Duta Besar (Non-Residen) Malta untuk Jepang, Andre Spiteri

5 Respons Negara Tetangga atas Pengunduran Diri PM Jepang, Shinzo AbeDuta Besar (non-residen) Malta untuk Jepang, Andre Spiteri bersama PM Jepang Shinzo Abe (Twitter/a_spiteri)

Ucapan lainnya datang dari Duta Besar (non-residen) Malta untuk Jepang, Andre Spiteri. Dalam akun Twitternya (@a_piteri), Andre juga mengunggah fotonya bersama dengan Abe.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih sepenuh hati kepada Perdana Menteri Shinto Abe untuk hubungan dekat dan istimewa yang Malta dan Jepang kembangkan beberapa tahun belakangan," tulis Andre.

Menurut Andre, Abe merupakan Perdana Menteri Jepang pertama yang mengunjungi Malta secara langsung sejak hubungan diplomatik kedua negara berlangsung sejak 1965.

Baca Juga: Hadiri Pembukaan Olimpiade Pyeongchang, Warga Jepang Geram ke Shinzo Abe

5. Mantan Menteri Telcom, IT, Posts, Shipping and Ports India, Milind Deora

5 Respons Negara Tetangga atas Pengunduran Diri PM Jepang, Shinzo AbeMantan Menteri Telcom, IT, Posts, Shipping and Ports India, Milind Deora bersama PM Jepang Shinzo Abe (Twitter/milinddeora)

Mantan Menteri Telcom, IT, Posts, Shipping and Ports India, Milind Deora juga turut mengunggah kebersamaannya dengan Abe.

"Sedih mengetahui pengunduran diri Shinto Abe-san sebagai Perdana Menteri Jepang," kata Milind. Dia mengatakan, Abe selama ini menjadi pendukung terbesar dari kedekatan ikatan India dan Jepang.

"Saya pertama kali bertemu dengan beliau di Tokyo pada 2006 dengan teman saya, tepat sebelum beliau menajadi perdana menteri," tulis Milind. "Saya berharap Abe-san dapat segera pulih," tutup dia di akun Twitternya (milinddeora).

Baca Juga: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Mundur

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya