Donasi 300 Ribu Masker, Taiwan Dorong RI Segera Pulih dari Pandemik

Taiwan sumbangkan 10 juta masker ke berbagai negara

Jakarta, IDN Times - Sumbangan masker medis dari Taiwan kepada Indonesia telah tiba di Jakarta. Kepala kantor perwakilan Taiwan di Indonesia (TETO), John Chen menwakili pemerintah dan masyarakat Taiwan, menyerahkan 300 ribu masker medis secara langsung kepada pejabat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang disaksikan oleh pejabat Kementerian Perdagangan di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Kamis (14/5) lalu.

John Chen mengatakan bantuan masker bagi Indonesia ini sebagai tindakan nyata atas tekad Taiwan dalam melaksanakan gerakan 'Taiwan dapat membantu' atau 'Taiwan can help'.

"Hal ini juga untuk menunjukan persahabatan Taiwan dan Indonesia semakin terwujud di tengah pandemi saat ini. Selain itu juga membuktikan semangat kemanusiaan lewat pencegahan pandemi tidak mengenal batas negara," tuturnya.

1. Kemampuan Taiwan atasi pandemik COVID-19 sudah diakui secara internasional

Donasi 300 Ribu Masker, Taiwan Dorong RI Segera Pulih dari PandemikKepala TETO John Chen menyerahkan bantuan kepada BNPB (Dok. Istimewa)

John Chen mengatakan kepada TETO, pencapaian pencegahan pandemik di Taiwan telah diakui secara internasional. “Taiwan berharap dapat berbagi pengalamannya dalam pencegahan pandemi dan pengembangan medis dengan negara-negara lainnya,” ujarnya dalam dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Jumat (15/5).

Dengan begitu, Taiwan juga berharap dapat diundang untuk menghadiri World Health Assembly (WHA) dan sepenuhnya diikutsertakan dalam mekanisme WHO yang terkait. 

Baca Juga: 6 Jurus Tanggap COVID-19 ala Taiwan Ini Jadi yang Terbaik di Dunia

2. Berharap Indonesia bisa segera pulih dan merevitalisasi ekonomi

Donasi 300 Ribu Masker, Taiwan Dorong RI Segera Pulih dari Pandemik(Dok. Kantor Kepresidenenan Taiwan)

John Chen juga berharap, Taiwan dan Indonesia dapat bekerja sama untuk mengatasi penyakit ini lebih awal. "Sehingga semua orang dapat kembali hidup normal sesegera mungkin dan merevitalisasi pembangunan ekonomi."

Dalam acara penyerahan sumbangan tersebut, pejabat dari Kementerian Perdagangan Indonesia yang hadir mewakili Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Taiwan. Acara donasi masker medis ini sebelumnya sudah diadakan di Kementerian Luar Negeri Taiwan di Taipei pada Selasa (12/5).

Wakil Menteri Kementerian Luar Negeri Taiwan, Hsu Szu-chien kala itu mewakili pemerintah dan masyarakat Taiwan menyumbangkan masker tersebut kepada pemerintah Indonesia, yang diwakili oleh Wakil Kepala kantor perwakilan Indonesia di Taiwan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI), Teddy Surachmat.

3. Taiwan membantu banyak negara di berbagai belahan dunia

Donasi 300 Ribu Masker, Taiwan Dorong RI Segera Pulih dari PandemikIlustrasi penanganan virus corona di Taiwan (Twitter/@iingwen)

Taiwan mampu menghasilkan hingga 13 juta masker wajah per harinya. Berbekal kemampuan tersebut Taiwan lantas berniat untuk menyumbangkan sebanyak 10 juta masker ke beberapa negara yang sangat membutuhkan keberadaan masker.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan bahwa negaranya akan menyumbangkan sebanyak 10 juta masker. Lebih kurang 7 juta masker akan dikirimkan ke Eropa, termasuk Italia, Spanyol, Prancis, Jerman, Belgia, dan Inggris.

Sedikitnya 2 juta masker akan dikirimkan ke Amerika Serikat (AS), serta sisanya akan disumbangkan ke negara-negara kecil lainnya yang memiliki hubungan diplomatik dengan pulau itu, menurut Kementerian Luar Negeri Taiwan.

Baca Juga: Keren! Taiwan Siap Sumbangkan 10 Juta Masker untuk Perangi COVID-19!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya