Comscore Tracker

Joe Biden: Kami Percaya Ada di Jalur Menuju Kemenangan

Hasil hitung cepat sementara Biden unggul dibanding Trump 

Jakarta, IDN Times - Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, memuji kesabaran masyarakat Amerika Serikat untuk menanti hasil Pemilihan Presiden 2020. Pilpres AS berlangsung hari ini, Rabu (4/11/2020) atau 3 November 2020 waktu setempat.

"Kesabaran kalian sangat terpuji," ujar Biden dalam pidatonya seperti ditayangkan CNN di Wilmington, Delaware.

Biden diketahui memantau hasil pemungutan suara Pilpres AS 2020 bersama keluarganya di Wilmington. 

Baca Juga: Pilpres AS, Hati-Hati Baca Exit Poll, Terutama Data Awal

1. Biden mengaku senang dengan hasil sementara saat ini

Joe Biden: Kami Percaya Ada di Jalur Menuju KemenanganWarga mengangkat kipas dengan foto calon presiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden dan calon wakil presiden Kamala Harris sebelum acara kampanye di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Minggu (1/11/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

"Kita tahu ini akan membutuhkan waktu yang panjang," kata Biden kepada para pendukungnya. "Kami merasa senang dengan posisi kita sekarang," ujar dia lagi.

Menurut Biden, pertarungan Pemilu belum selesai sampai seluruh suara resmi selesai dihitung. "Kami percaya kita ada di jalur yang tepat menuju kemenangan," ujar Biden.

Dia menyebut, Donald Trump tidak bisa mengklaim kemenangan saat ini. Sebab, menurut dia, kemenangan ditentukan oleh suara masyarakat Amerika Serikat.

2. Biden optimistis berhasil amankan suara dari sejumlah Battleground

Joe Biden: Kami Percaya Ada di Jalur Menuju KemenanganSeorang anak membawa poster saat ia menghadiri acara kampanye calon presiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Minggu (1/11/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Dalam pidatonya, Biden juga mengatakan optimistis berhasil mengamankan suara di sejumlah Battleground States.

Dia merasa yakin dapat memenangkan suara di Michigan, Wisconsin hingga Pennsylvania.

"Saya optimistis dengan hasilnya," ujar mantan wakil presiden pendamping Barack Obama tersebut.

"Tetaplah percaya. Kita akan memenangkan ini (pemilihan presiden)," ujar Biden mengakhiri pidatonya ditambahkan ucapan terima kasih.

3. Sementara Biden unggul dibanding Trump

Joe Biden: Kami Percaya Ada di Jalur Menuju KemenanganHasil sementara presidential result pemilu AS (Website/https://interactive.aljazeera.com)

Berdasarkan hasil hitung cepat Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020, saat ini menunjukkan Biden unggul tipis dibandingkan Trump.

Berdasarkan pantauan IDN Times, dari hasil hitung cepat Interactive Ajazeera.com pada Rabu pukul 17.56 WIB, calon presiden Joe Biden dan Partai Demokrat memperoleh 238 suara sedangkan calon presiden Donald Trump dan Partai Republik 213 suara.

Biden berhasil mengamankan suara si sejumlah  Battleground States seperti Arizona (51,01 persen), Minnesota (52,6 persen), dan New Hempshire (53,18 persen).

Baca Juga: Khawatir Rusuh Usai Pilpres, Kaca Toko-toko di New York Dipasangi Kayu

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya