Karena Cuaca Buruk, Peluncuran Bersejarah SpaceX dan NASA Ditunda!

Peluncuran akan coba kembali dilakukan pada Sabtu (30/5)

Jakarta, IDN Times - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan SpaceX menunda rencana peluncuran dua astronot ke luar angkasa. Semula dua astronot mereka, Robert Behnken dan Douglas Hurley, direncanakan akan lepas landas pada Rabu (27/5) 16.33 waktu setempat atau Kamis (28/5) 03.33 WIB.

Kedua astronot ini semula direncanakan akan lepas landas dari Pad 39A Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Cuaca buruk di konfirmasi sebagai penyebab ditundanya peristiwa bersejarah ini.

1. Batal meluncur karena kondisi cuaca yang membahayakan keselamatan

Karena Cuaca Buruk, Peluncuran Bersejarah SpaceX dan NASA Ditunda!unsplash.com/NASA

Peluncuran dua manusia ke luar angkasa ini terpaksa ditunda lantaran gangguan cuaca. Menurut NASA pemeriksaan cuaca ini merupakan prosedur standar yang harus dilakukan demi keselamatan astronot yang akan lepas landas.

"Karena mekanisme orbital, kami perlu memastikan pada saat diluncurkan kita dapat mencapai ISS tepat waktu dan akurat. Karena itu kami tidak dapat menunggu cuaca cerah hari ini," kata NASA dalam akun Twitter-nya (@NASA).

Baca Juga: Tidak Hanya Bulan, Ini 5 Eksplorasi dan Studi NASA di Luar Angkasa

2. Akan kembali mencoba meluncur pada 30 Mei mendatang

Karena Cuaca Buruk, Peluncuran Bersejarah SpaceX dan NASA Ditunda!Instagram.com/spacex

NASA dan Space X akan kembali mencoba melakukan peluncuran yang diagendakan berlangsung pada Sabtu (30/5) mendatang.

"Cuaca menjadi satu-satunya hal yang sebenarnya tidak dapat kami kendalikan dalam menjalankan misi," kata NASA dalam akun Twitter-nya.

NASA juga menegaskan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik dan tanpa gangguan.

"Mundur dari peluncuran hari ini akibat cuaca yang tidak menguntungkan di jalur penerbangan peluang peluncuran kami berikutnya adalah Sabtu 30 Mei," tulis SpaceX dalam akun Twitter-nya (@SpaceX).

Dalam akun Twitter-nya, Space X mengatakan peluncuran diagendakan berlangsung pukul 3.22 p.m EDT atau 19.22 UTC.

3. Misi pertama setelah hampir satu dekade terakhir

Karena Cuaca Buruk, Peluncuran Bersejarah SpaceX dan NASA Ditunda!https://www.instagram.com/nasaastronauts/

Misi ini menjadi misi pertama NASA mengirimkan astronot ke ISS sejak menangguhkan program pesawat ulang aling pada 2011 lalu. Dengan kata lain, ini menjadi misi pengiriman astronot ke ISS pertama setelah lebih kurang satu dekade.

Dilansir dari observer.com, misi ini dikenal secara resmi dengan sebutan Demo-2. Peluncuran pada 2011 juga menjadi uji terbang terakhir pesawat ruang angkasa angkasa Crew Dragon SpaceX sebelum dapat disertifikasi untuk digunakan dalam misi masa depan NASA.

Jika terjadi kendala pada Sabtu (30/5), diketahui keduanya memiliki dua tanggal cadangan lainnya yakni 31 Mei dan 1 Juni 2020.

Baca Juga: Masa Depan Perjalanan ke Luar Angkasa di Tangan Elon Musk dan SpaceX

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya