Comscore Tracker

Masih Perangi COVID-19, Vietnam Gelar Pemilu Parlemen Hari Ini

Pemilu dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat

Jakarta, IDN Times - Masyrakat Vietnam menggelar pemilihan umum di tengah pandemik COVID-19. Puluhan juta orang diperkirakan akan datang ke tempat pemungutan suara untuk memilih anggota legislatifnya hari ini, Minggu (23/5/2021).

Hampir 69,2 juta pemilih terdaftar untuk melakukan pemberian suara. Padahal, penanganan dan penyediaan vaksin COVID-19 di Vietnam terbilang lambat, melansir dari Bloomberg.

Baca Juga: Kawasan Industri Vietnam Ditutup akibat Wabah COVID-19

1. Pemilihan umum dilakukan dengan protokol kesehatan

Masih Perangi COVID-19, Vietnam Gelar Pemilu Parlemen Hari IniWarga mengantre untuk mendapatkan beras dari mesin penjual beras otomatis 24/7, "Rice ATM", saat pandemi virus corona di Ho Chi Minh, Vietnam, pada 11 April 2020. Gambar diambil 11 April 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Yen Duong

Dalam pemungutan suara yang dilakukan hari ini, para pejabat menerapkan pembatasan jarak sosial yang ketat di tiap tempat pemungutan suara untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Melansir dari ANTARA, di distrik Long Bien Hanoi, pulihan pemilih tampak mengantre di bilik suara. Seluruhnya tampak mengenakan masker dan telah melakukan pengecekan suhu tubuh.

2. Kandidat akan memperebutkan 500 kursi parlemen

Masih Perangi COVID-19, Vietnam Gelar Pemilu Parlemen Hari IniANTARA FOTO/REUTERS/Kham

Lebih dari 866 kandidat disaring oleh sebuah organisasi untuk bersaing mendapatkan 500 kursi di parlemen. Para kandidat diketahui sebelumnya dicalonkan oleh organisasi partai atau lembaga pemerintah seperti militer.

Ada 76 orang yang mencalonkan diri namun hanya sembilan orang yang dinyatakan lolos proses penyaringan. Angka ini terbilang terendah sejak 1997.

Salah satu kandidat independen yang jadi perbincangan di Vietnam adalah kandidat gay pertama, Luong The Huy. Dia adalah kepala organisasi nonpemerintah Hanoi.

Hasil pemilihan umum akan diumumkan dalam 2 pekan ke depan.

Baca Juga: Indonesia dan Vietnam Kompak Dorong Krisis Myanmar Harus Dihentikan

3. Catatan kasus COVID-19 di Vietnam

Masih Perangi COVID-19, Vietnam Gelar Pemilu Parlemen Hari IniSeorang pria mengendarai sepeda membawa anak-anaknya melewati sebuah jalan ditengah mewabahnya virus corona (COVID-19), di Hanoi, Vietnam, Senin (27/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Kham

Pemilihan umum ini dilakukan ketika pemerintah Vietnam tengah berperang melawan pandemik COVID-19. Worldometers mencatat Vietnam memiliki 55 kasus baru COVID-19 di negaranya dalam 24 jam terakhir.

Menempati peringkat ke-166, Vietnam memiliki total kasus 5.141 dengan 42 kasus kematian yang bertambah 1 kasus dalam 24 jam terakhir. Vietnam memiliki 2.378 kasus COVID-19 aktif di negaranya.

Baca Juga: Ekonomi RI Diklaim di Peringkat 4 setelah Tiongkok, Korsel dan Vietnam

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya