Pemerintah Ethiopia Larang Warga Asing Adopsi Anak-anak Mereka

Angelina Jolie juga pernah mengadopsi anak Ethiopia lho

Parlemen Ethiopia telah memberikan lampu hijau disahkannya undang-undang yang melarang adopsi anak-anak oleh orang asing pada hari selasa (9/1/2018). Anggota parlemen mengatakan anak yatim dan anak-anak miskin lainnya harus dirawat dan didukung oleh sistem lokal, untuk melindungi mereka dari ketelantaran dan pelecehan di luar negeri.

Banyak yang mendukung kebijakan ini, tapi tak sedikit yang meragukan karena keterbatasan di Ethiopia seperti tempat penitipan anak sebagai solusi dari pelarangan tersebut.

1. Anak Ethiopia banyak diadopsi oleh orang Amerika

Pemerintah Ethiopia Larang Warga Asing Adopsi Anak-anak Merekaconsideringadoption.com

Seperti dilansir dari BBC, Ethiopia menjadi salah satu negara sumber terbesar untuk adopsi internasional oleh warga AS, terhitung sekitar 20% dari total anak adopsi menurut Departemen Luar Negeri Amerika. 

Lebih dari 15.000 anak-anak Ethiopia telah diadopsi di AS sejak tahun 1999. Angka ini telah menurun sejak kejadian kematian anak Ethiopia oleh ibu angkatnya tahun 2011, dan anak angkat lain tewas di Amerika oleh orangtuanya tahun 2013. Sejak saat itu, pemerintah Ethiopia telah memikirkan langkah untuk mulai menghentikan adopsi anak oleh pihak asing.

2. Anak Ethiopia masih boleh diadopsi oleh warga lokal

Pemerintah Ethiopia Larang Warga Asing Adopsi Anak-anak Merekaindependent.ng

Pemerintah lewat layanan sosialnya harus segera mencari solusi atas kebijakan ini terutama dari penduduk Ethiopia sendiri, karena adopsi anak untuk warga lokal masih diperbolehkan.

Koordinator panti asuhan anak di Addis Ababa mengatakan bahwa mereka akan segera menemukan cara untuk merawat anak-anak mereka. Beberapa warga negara Etiopia juga sudah mulai mau mengadopsi anak-anak yang kurang beruntung ini dengan membiayai pendidikan dan kebutuhan lain. 

Walaupun mungkin sekarang adopsi masih sedikit. Akan tetapi, harapannya ke depan anak-anak ini bisa menemukan keluarga mereka.

3. Angelina Jolie tercatat telah mengadopsi anak Ethiopia

Pemerintah Ethiopia Larang Warga Asing Adopsi Anak-anak Merekaindependent.co.uk

Dilansir dari Independent, aktris hollywood Angelina Jolie termasuk salah satu yang telah mengadopsi anak-anak dari Ethiopia. Pada tahun 2005, Jolie mengadopsi seorang putri yang bernama Zahara Marley. Selain itu, aktris Mary-Louise Parker dan ratu pop dunia Madonna juga pernah mengadopsi anak-anak dari benua Afrika.

Larangan adopsi anak oleh orang asing ini akan berlaku dan resmi setelah diterbitkan pada lembaran negara dalam beberapa hari ini.

Mirza Fahmi Photo Verified Writer Mirza Fahmi

Pencinta kopi dan air hangat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya