Bilateral KTT G20, Jokowi Ngobrol dengan Kepala Negara Mana Saja?

Jokowi bertemu Joe Biden hingga Erdogan

Bali, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara, sebelum pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Pertemuan itu digelar pada Senin (14/11/2022).

Pertama, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Dalam pertemuan itu, Jokowi mengaku membahas mengenai kerja sama ekonomi.

"Kerja sama ekonomi konkret harus diperkuat, termasuk lewat Partnership for Global Infrastructure and Investment dan Indo-Pacific Economic Framework. Kita mendorong peran Amerika Serikat mewujudkan perdamaian dan kemakmuran di Indo-Pasifik," ujar Jokowi dalam keterangannya.

Baca Juga: Di KTT G20, Jokowi Singgung Masalah Perang hingga Pupuk

1. Bertemu PM Jepang, Jokowi bahas perdagangan buah

Bilateral KTT G20, Jokowi Ngobrol dengan Kepala Negara Mana Saja?Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat (29/4/2022) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara itu, dalam pertemuan bersama Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, Jokowi membahas mengenai perluasan akses pasar buah-buahan tropis Indonesia. Selain itu, Jokowi juga menyebut pentingnya dukungan Jepang terhadap proyek strategis nasional di bidang inftrastruktur.

"Kita juga menjajaki peluang kerja sama konkret di Indo-Pasifik, termasuk kerja sama triangular Indonesia-Jepang-Pasifik," ucap dia.

Setelah itu, Jokowi bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen. Dalam pertemuan ini, Jokowi mendorong realisasi kerja sama transisi energi dan kemajuan perundingan Indonesia-Europe Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (EU-CEPA).

Jokowi meminta jangan ada diskriminasi perdagangan atas produk Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Resmi Buka KTT G20 Bali: Selamat Datang di Indonesia!

2. Jokowi bertemu dengan Presiden Turki

Bilateral KTT G20, Jokowi Ngobrol dengan Kepala Negara Mana Saja?Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat pertemuan bilateral di sela rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia di Bali, Senin (14/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Hendra A Setyawan)

Jokowi juga bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengapresiasi peran Turki dalam menghidupkan kembali Black Sea Grain Initiative.

"Harus segera cari solusi damai perang di Ukraina dan mendorong penguatan kerja sama ekonomi Indonesia-Turki, termasuk pembukaan akses pasar bagi produk-produk pertanian dan kolaborasi antarindustri pertahanan Indonesia dan Turki," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Biden, Tekankan Kemitraan Indo-Pasifik 

3. Jokowi juga bertemu dengan Perdana Menteri Australia

Bilateral KTT G20, Jokowi Ngobrol dengan Kepala Negara Mana Saja?Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese (dok. Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi sebelum pembukaan KTT G20 juga bertemu dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese. Jokowi mendorong implementasi IA-CEPA dan investasi Australia dalam bidang infrastruktur serta transisi energi.

"Ini akan perkuat kerja sama selama keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, termasuk untuk isu Indo-Pasifik," ujar dia.

Terakhir, Jokowi bertemu dengan Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di sela-sela acara B20 Summit di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Senin, 14 November 2022.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya