Geger Penembakan Massal di Bar Afrika Selatan, 19 Orang Tewas

Ada 23 orang mengalami luka tembak

Jakarta, IDN Times - Dua peristiwa mengerikan terjadi Afrika Selatan pada akhir pekan kemarin. Terjadi dua penembakan brutal yang menghilangkan 19 nyawa.

Melansir CNN, Kelompok bersenjata, tiba-tiba menyerang ke bar yang berada di kawasan pemukiman informal Nomzamo, Sabtu (9/7/2022). Setelah masuk, kelompok bersenjata itu langsung melakukan penembakan secara acak. Alhasil, sebanyak 12 orang tewas di lokasi akibat peristiwa itu.

1. Membawa senapan dan pistol

Geger Penembakan Massal di Bar Afrika Selatan, 19 Orang TewasIlustrasi Penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Pihak berwenang mengatakan, kelompok bersenjata itu diduga membawa senapan dan pistol sembilan milimeter ketika melakukan aksinya. Polisi setempat mengatakan, ada 23 orang mengalami luka tembak.

Sebanyak 12 orang tewas di tempat. Sementara, 11 lainnya dalam penanganan medis di rumah sakit.

Dilansir Al Jazeera, polisi setempat sudah memperbaharui data korban yang tewas. Kini, jumlahnya bertambah jadi 14 orang.

Baca Juga: Motif Pelaku Penembakan Shinzo Abe: Tidak Senang dan Ingin Abe Mati

2. Pelaku masih buron dan polisi tengah memeriksa saksi-saksi

Geger Penembakan Massal di Bar Afrika Selatan, 19 Orang TewasIlustrasi Aksi Terorisme (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah diumumkan sebanyak 14 orang tewas, polisi setempat memberikan kabar perkembangan pasca-kejadian penembakan tersebut. Hasilnya, jumlah korban tewas. bertambah satu. Sehingga jumlah korban tewas menjadi 15 orang.

Hingga kini, para pelaku masih buron. Polisi masih meminta keterangan sejumlah saksi terkait kejadian tersebut.

"Ini pemandangan yang buruk. Ketika Anda melihat mayat-mayat yang ditumpuk, Anda dapat melihat bahwa setiap orang berjuang untuk keluar dari kedai minuman," ujar Komisaris Polisi Gauteng, Elias Mawela mengatakan kepada saluran berita Afrika Selatan ENCA .

3. Empat orang dalam keadaan kritis

Geger Penembakan Massal di Bar Afrika Selatan, 19 Orang TewasIlustrasi penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan laporan yang sama, empat orang korban kondisinya kritis. Mawela meminta masyarakat untuk bekerja sama mengungkap kasus ini. Menurutnya, polisi juga kini sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Saya yakin dengan kerja sama masyarakat di sini, kita akan bisa mengungkap kasus ini,” ujar dia.

Setelah persitiwa ini, aksi serupa juga terjadi di sebuah bar kota timur Pietermaritzburg, di KwaZulu-Natal. Penembakan brutal yang dilakukan sekelompok orang itu terjadi pada Minggu (10/7/2022). Sebanyak empat orang dilaporkan tewas. 

Namun, pihak kepolisian masih belum bisa mengungkapkan apakah aksi di kedua bar itu ada keterkaitan atau tidak. Mereka sampai saat ini masih mengejar pelaku dan melakukan penyelidikan. 

Baca Juga: Pasukan Israel Tembak Warga Palestina yang Lakukan Teror di Bar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya