Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Pemimpin ASEAN Jamuan Minum Teh

Mereka juga diajak untuk melihat kebudayaan NTT

Jakarta, IDN Times - Ibu Negara, Iriana Joko "Jokowi" Widodo mengajak para pendamping pemimpin ASEAN menikmati jamuan teh di lantai 2 Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023).

Jamuan teh itu dilakukan di sela agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo.

Para pendamping pemimpin ASEAN yang hadir dalam acara itu yakni Bun Rany Hun Sen dari Kamboja, Vandara Siphandone dari Laos, Wan Azizah Wan Ismail dari Malaysia, Louise Araneta Marcos dari Filipina, dan Ho Ching dari Singapura.

Iriana meyakini, para pendamping pemimpin ASEAN itu bisa merasakan keindahan Labuan Bajo. Iriana menjelaskan, Labuan Bajo merupakan wilayah untuk masuk ke kawasan Pulau Komodo.

Komodo merupakan habitat binatang asli Indonesia. Kepada para pendamping pemimpin ASEAN, Iriana juga menyebut komodo bisa memiliki berat hingga 160 kilogram dan panjang hingga 3 meter.

"Itu kalau dekat juga bahaya sekali, tapi kalau menginginkan, bisa melihat nanti," ujar Iriana.

Baca Juga: KTT ASEAN 2023, Indonesia Dorong Pembentukan Pandemic Fund

1. Iriana beberkan keunggulan Puncak Waringin

Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Pemimpin ASEAN Jamuan Minum TehIbu Negara, Iriana Joko Widodo mengajak para pendamping pemimpin ASEAN menikmati jamuan teh lantai 2 Puncak Waringin (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Iriana juga menjelaskan mengenai keunggulan Puncak Waringin yang dijadikan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan para pendamping KTT ke-42 ASEAN.

Dijelaskannya, Puncak Waringin juga dijadikan sebagai creative hub bagi para pelaku ekonomi kreatif di NTT.

"Tempat ini akan dikembangkan sebagai creative hub, pusat kegiatan ekonomi kreatif berbasis budaya," ucap dia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Pimpin Sejumlah Pertemuan di KTT ke-42 ASEAN

2. Iriana mengajak para pemimpin ASEAN pererat hubungan masyarakat

Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Pemimpin ASEAN Jamuan Minum TehPresiden Jokowi melakukan pertemuan dengan pemimpin ASEAN dan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPAA) (dok. Sekretariat Presiden)

Iriana kemudian mengajak para pendamping pemimpin ASEAN untuk bekerja sama dalam mempererat hubungan masyarakat ASEAN.

"Sambil menikmati di Labuan Bajo ini, saya berharap agar kita semua ibu-ibu yang hadir ini berada di garis depan bagi upaya mempererat hubungan antara masyarakat ASEAN, bagi pemajuan perempuan di ASEAN," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi: Generasi Muda Dorong Keberlangsungan ASEAN 

3. Iriana juga mengajak para pendamping pemimpin ASEAN menikmati kebudayaan NTT

Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Pemimpin ASEAN Jamuan Minum TehIbu Negara, Iriana Joko Widodo mengajak para pendamping pemimpin ASEAN menikmati jamuan teh lantai 2 Puncak Waringin (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam acara itu, Iriana juga mengajak para pendamping pemimpin ASEAN menikmati kebudayaan NTT. Kegiatan budaya yang ditampilkan antara lain tarian Dundundake, permainan tradisional Rangku Alu hingga persembahan sejumlah lagu daerah NTT.

Selain itu, para pendamping pemimpin ASEAN juga melihat hasil produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) NTT. Mulai dari kerajinan tangan hingga makanan khas NTT.

Baca Juga: Polri Dibantu Paspampres Sterilkan Lokasi Utama KTT ASEAN

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya