Jokowi Bertemu PM Malaysia di Labuan Bajo, Bahas Perlindungan PMI

Percepatan penyelesaian bidang perbatasan juga dibahas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan pertemuan bilateran dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Selasa (9/5/2023). Keduanya antara lain membahas optimalisasi perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia.

“Bapak Presiden kembali mengingatkan pentingnya optimalisasi one channel system dan perlindungan para pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia,” ujar Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam keterangannya.

Baca Juga: KTT ASEAN-RoK, Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

1. Percepatan penyelesaian bidang perbatasan juga dibahas

Jokowi Bertemu PM Malaysia di Labuan Bajo, Bahas Perlindungan PMIPresiden Jokowi bertemu dengan PM Malaysia, Anwar Ibrahim di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Pertemuan Jokowi dan Anwar Ibrahim juga membahas mengenai percepatan penyelesaian bidang perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi konflik.

“Bapak Presiden menyampaikan pentingnya segera kedua belah pihak untuk menyelesaikan beberapa bidang untuk perbatasan laut dan juga perbatasan darat,” ucap dia.

Baca Juga: Jelang KTT ASEAN, Timor Leste Perdana Ikut Sidang Pilar Sosial-Budaya

2. Jokowi juga bertemu dengan PM Vietnam

Jokowi Bertemu PM Malaysia di Labuan Bajo, Bahas Perlindungan PMIPresiden Jokowi bertemu dengan PM Vietnam, Pham Minh Chinh di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Pada Selasa (9/5/2023), Presiden Jokowi juga bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Vietnam, Pham Minh Chinh. Keduanya menggelar pertemuan bilateral di Hotel Meruorah. Jokowi dan Pham membahas upaya peningkatan kerja sama perdagangan kedua negara.

"Kedua pemimpin membahas mengenai upaya untuk memenuhi target perdagangan sebesar 15 billion US dollar untuk 2028," kata Retno.

3. Jokowi dan PM Vietnam optimistis target terpenuhi

Jokowi Bertemu PM Malaysia di Labuan Bajo, Bahas Perlindungan PMIPresiden Jokowi bertemu dengan PM Vietnam, Pham Minh Chinh di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Retno menerangkan, Jokowi dan PM Vietnam dalam pertemuan itu mengaku optimistis bisa memenuhi target yang sudah ditetapkan. Pertemuan antara Jokowi dan PM Vietnam juga membahas mengenai negosiasi perjanjian investasi bilateral atau bilateral investment treaty.

"Selain itu, kedua pemimpin juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi baru terbarukan," imbuhnya.

Baca Juga: Vietnam Catat Rekor Panas Tertinggi, Capai 44,1 Derajat Celsius

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya