Jokowi Sambut Kepala Negara di G20, Istana: Tak Ada Persiapan Khusus

Jokowi full senyum saat menyambut kepala negara di KTT G20

Bali, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyambut langsung sejumlah kepala negara di lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali.

Sejumlah kepala negara yang hadir di lokasi disalami secara langsung oleh Jokowi. Senyuman terus diberikan Jokowi kepada kepala negara yang hadir.

Berdasarkan siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte tiba palinng awal di lokasi. Setelah itu ada Presiden Rwanda Paul Kagame.

Baca Juga: KTT G20 Siap Dimulai Hari Ini!

1. Presiden Turki juga disambut Jokowi

Jokowi Sambut Kepala Negara di G20, Istana: Tak Ada Persiapan KhususPresiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat pertemuan bilateral di sela rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia di Bali, Senin (14/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Hendra A Setyawan)

Presiden Turki, Recep Tayyip ERdogan, juga sudah tiba di lokasi dan disambut Jokowi. Kemudian ada Perdana Menteri Kanada, Justi Trudeau.

Selain itu, sejumlah pemimpin negara lainnya silih berganti bersalaman dengan Jokowi.

Baca Juga: Presiden Ukraina Akan Berpidato secara Virtual di KTT G20

2. Tak ada persiapan khusus Jokowi untuk menyambut pemimpin negara

Jokowi Sambut Kepala Negara di G20, Istana: Tak Ada Persiapan KhususPresiden Jokowi di Presidensi B20 Bali (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, mengatakan tak ada persiapan khusus yang dilakukan Presiden Jokowi dalam menyambut kepala negara di KTT G20. Sebab, kata dia, Jokowi sudah sering mengikuti agenda KTT di berbagai negara.

"Bapak Presiden tidak perlu persiapan khusus karena sudah menghadiri berbagai KTT, jadi pastinya Bapak Presiden melihat langsung bagaimana kalau seorang kepala negara menjadi tuan rumah perhelatan KTT. Kita tahu Bapak Presiden sangat detail," kata Bey kepada wartawan, Selasa (15/11/2022).

3. KTT G20 dimulai Selasa (15/11/2022)

Jokowi Sambut Kepala Negara di G20, Istana: Tak Ada Persiapan Khususwebsite

Diketahui, puncak KTT G20 dimulai hari ini, Selasa (15/11/2022). Total ada 17 kepala negara yang menghadiri KTT G20 di Bali. Sementara tiga pemimpin yang absen adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko dan Presiden Brasil.

Pada Senin (14/11/2022), Presiden China Xi Jinping, diikuti Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah tiba di Bali.

Sebelum kedatangan tiga kepala pemerintahan di atas, beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan anggota G20 lainnya juga telah tiba, antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Sementara kepala negara yang menjadi undangan KTT G20 juga beberapa tiba di hari yang sama, antara lain Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Suriname Chandrikapersad Santokhi, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, dan Presiden Spanyol Pedro Sanchez.

Dalam waktu yang hampir bersamaan juga tiba pimpinan lembaga dunia seperti Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Presiden Uni Eropa Charles Michel, Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala, dan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

https://www.youtube.com/embed/CYQDG5UrNnc

Baca Juga: Fakta-Fakta SAI20, Lembaga Pemeriksa Keuangan Negara G20

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya