Comscore Tracker

Data Terbaru: Virus Corona Renggut Nyawa 2.360 Orang di 32 Negara

Tapi 20.858 orang berhasil sembuh dari virus corona

Jakarta, IDN Times - Jumlah orang terjangkit wabah virus corona semakin bertambah. Hingga hari ini, Sabtu (22/2), tercatat 77.661 orang di banyak negara telah terinfeksi virus mematikan asal Wuhan, Tiongkok itu. Dari jumlah itu, korban terbesar ada di Tiongkok.

Berdasarkan laporan dari Center for Systems Science and Engineering (CSSE) John Hopkins University, Amerika Serikat, per 22 Februari 2020, wabah virus corona telah menyebar di 32 negara.

1. Saat ini total 76.290 warga Tiongkok positif terinfeksi virus corona. Sementara WNI 4 orang

Data Terbaru: Virus Corona Renggut Nyawa 2.360 Orang di 32 NegaraIlustrasi. Pasien virus corona COVID-19 (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Hingga saat ini, Tiongkok masih menempati posisi teratas sebagai negara dengan jumlah korban terinfeksi virus corona paling banyak.   

Hingga Sabtu siang, data CSSE memperlihatkan, korban terinfeksi virus corona di Tiongkok 76.290 orang. 

Disusul Korea Selatan sebanyak 204 orang, Jepang 105 orang, Singapura 85, dan Hong Kong 68 orang. Sementara Indonesia, saat ini diketahui ada empat warga negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus corona di Kapal Pesiar Diamond Princess yang bersandar di Yokohama, Jepang. 

Baca Juga: Kemenkes: Semua WNI di Diamond Princess Berpotensi Kena Virus Corona

2. Secara global, 2.360 orang sudah meninggal akibat virus corona, tapi 20.858 orang berhasil sembuh

Data Terbaru: Virus Corona Renggut Nyawa 2.360 Orang di 32 NegaraSeorang anggota tim pencegahan dan pengendalian virus corona berkomunikasi melaluai walkie-talkie dengan rekannya di dalam ruang laboratorium di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Ningxia di Yinchuan, Wilayah Otonomi Ningxia Chui, Tiongkok, pada 2 Februari 2020. ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS

Kendati angka korban terus bertambah, namun pembangunan rumah sakit dan kerja keras dokter di Tiongkok berhasil menyembuhkan 13.557 orang. Sementara untuk tingkat global, jumlah warga yang sembuh dari virus corona hingga Sabtu siang ini total 20.858 orang. 

Meski banyak yang berhasil sembuh, namun jumlah korban tewas terus meningkat. Secara global, tercatat 2.360 orang sudah meninggal dunia akibat virus corona. Sebagian besar di Tiongkok, sisanya 1 orang di Filipina, 1 di Taiwan, 1 Prancis, 1 Italia, 1 Jepang, 2 Korea Selatan, 2 orang di Kapal Pesiar Princess Diamond, 2 orang di Hong Kong, dan 4 orang di Iran.

3. Pemerintah segera evakuasi WNI dari Kapal Pesiar Diamond Princess

Data Terbaru: Virus Corona Renggut Nyawa 2.360 Orang di 32 NegaraWarga menuju jalur antrian taksi setelah turun dari kapal pesiar Diamond Princess, di Terminal Kapal Dermaga Daikoku di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, pada 19 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-hoon

Untuk WNI yang berada di Kapal Pesiar Diamond Princess, di mana 4 di antaranya sudah terinfeksi virus corona, pemerintah akan segera mengevakuasi mereka. 

Ratusan penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess telah menjalani karantina selama 14 hari, setelah ditemukannya kasus positif virus corona di kapal tersebut. 

Menurut informasi, evakuasi WNI dari Jepang akan menggunakan KRI Soeharso-990. KRI Soeharso-990 ini merupakan satu-satunya Kapal Perang Bantu Rumah Sakit yang dimiliki Indonesia.

https://www.youtube.com/embed/11Z_De-8EJY

Baca Juga: Total 18.306 Orang Sembuh dari Virus Corona, Tapi 2.247 Tewas 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya