Comscore Tracker

Serba Kekurangan, 5 Negara Ini Tingkat Kelaparannya Terburuk di Dunia

Jagalah dunia sebaik kita menjaga diri kita

Dunia kini makin terancam dengan berbagai tingkah laku manusia yang hanya mementingkan kebutuhannya. Makin banyak konflik, perusakan lingkungan, hingga menelantarkan masyarakat.

Semakin hari, dunia makin terancam oleh penduduknya sendiri. Banyak orang, bahkan anak kecil sekalipun yang menderita kelaparan diluar sana.

Banyak negara yang kini telah diambang kehancuran. Bahkan 5 diantaranya, dilanda masalah kelaparan. Berikut lima negara dengan tingkat kelaparan terburuk didunia.

1. Afrika Tengah

Serba Kekurangan, 5 Negara Ini Tingkat Kelaparannya Terburuk di DuniaUnsplash.com/AtlasGreen

Negara Afrika Tengah benar-benar dalam masalah yang besar. Banyak konflik yang terjadi karena permasalahan etnis yang sudah muncul sejak tahun 2012 hingga sekarang ini.

Negara Republik Afrika Tengah ini mengalami ketidak satbilan antara produksi dan juga konsumsi pangannya. Hal tersebut membuat negara ini setidaknya menggusur lebih dari satu juta orang yang menjadi korban akibat konflik tersebut. Bahkan, lebih dari setengah penduduk Afrika Tengah memerlukan bantuan berupa makanan.

2. Chad

Serba Kekurangan, 5 Negara Ini Tingkat Kelaparannya Terburuk di DuniaUnchr.org

Chad mengalami masalah iklim yang makin parah. Kekeringan menjadi masalah negara ini dalam memproduksi bahan pangan bagi masyarakat. Hujan sudah seperti hal yang mahal di negara ini.

Negara ini telah bertahun-tahun mengalami krisis kelaparan. Sepertiga masyarakat Chad mengalami kekurangan gizi dan 40 persen anak-anak mengalami kelaparan yang kronis. Masalah ini juga ditambah dari makin banyaknya pengungsi dari Nigeria, Afrika Tengah, dan Sudan yang mengalami konflik. Mereka semua butuh bantuan makanan darurat.

3. Yaman

Serba Kekurangan, 5 Negara Ini Tingkat Kelaparannya Terburuk di DuniaMercycorps.org

Yaman menjadi negara dengan tingkat krisis besar-besaran yang berbahaya. Di negara ini, kelaparan seperti hal wajar bagi setiap masyarakat yang tingga disana. Bahkan hal tersebut memaksa masyarakatnya keluar dari negara ini.

Perang saudara di negara ini mencengkram rakyatnya sendiri. Konflik brutal membuat 18 juta masyarakat Yaman mengalami kelaparan dan delapan juta masyarakat berpotensi kelaparan. Dan berdasarkan data, lebih dari 11 juta rakyat Yaman, butuh bantuan kemanusiaan demi menyambung hidup.

Baca Juga: Gak Bikin Kere, 5 Negara Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Biaya Murah

4. Sierra Leone

Serba Kekurangan, 5 Negara Ini Tingkat Kelaparannya Terburuk di DuniaWsj.com

Sierra Leone terus dihantui dengan rasa takut dan cemas sebagian warganya. Banyak masyarakat Sierra Leone yang mengalami kelaparan dan juga kemiskinan yang sudah parah.

Meski stabilitas politik dan perdamaian ini relatif baik, namun tetap saja banyak hal yang menjadi faktor masalah di negara ini. Sierra Leone pernah terkena dampak Ebola yang kuat, hal tersebut membuat produksi pangan menurun drastis. Dan juga, negara ini sempat diterjang bencana banjir dan tanah longsor, yang menewaskan banyak warga.

5. Haiti

Serba Kekurangan, 5 Negara Ini Tingkat Kelaparannya Terburuk di DuniaNcronline.org

Haiti adalah sebuah negara kepulauan yang memiliki kondisi politik yang tidak stabil, sekaligus bencana alam seperti badai, banjir, dan gempa bumi yang datang beriringan.

Lebih dari setengah masyarakat Haiti tinggal dengan biaya hidup yang kurang dari US$ 2 dollar per-hari. Jumlah itu menekankan bahwa negara ini benar-benar memiliki masalah yang serius. Terlebih banyak degradasi lahan yang membuat kehilangan lahan untuk memproduksi bahan makanan.

Itulah kelima negara yang punya tingkat kelaparan tertinggi di dunia. Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi mereka dari segala masalah hidupnya. Dan kita patut bersyukur bisa tinggal di Indonesia yang sangat kaya.

Baca Juga: Indonesia Masuk Daftar Negara yang Warganya Paling Suka Belanja Online

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Based on my perspective

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya