Bernie Sanders: Viral Jadi Meme bisa Sekalian untuk Amal

Sanders curi perhatian netizen di pelantikan Biden-Harris

Washington, D. C, IDN Times — Potret Senator Independen Vermont, Amerika Serikat (AS), Bernie Sanders menjadi viral di media sosial hingga saat ini sejak pelantikan Presiden ke-46 AS Joe Biden pada Rabu (21/1) waktu setempat. Beragam posting di Twitter menampilkan Sanders meringkuk di sebuah kursi dengan mantel musim dingin Burton dan sarung tangan (mittens) coklat tebal serta wajah yang cemberut dibalik masker. 

Foto yang diabadikan oleh fotografer berbasis di Washington, Brendan Smialowski, memang tampak kontras dengan tamu undangan yang mengenakan pakaian rancangan desainer. Sanders tampil santai namun dengan wajah yang tampaknya galak dibalik masker, mencerminkan kekesalan warga terhadap politik di masa pandemik dan krisis, lebih mencuri perhatian warga. Meme tersebut melimpah di media sosial dan membuat netizen di seluruh dunia bahagia, khususnya warga AS, terutama setelah empat tahun menghadapi kepemimpinan Trump yang tidak terduga.

1. Bintang dalam acara pelantikan selain Presiden dan Wakil Presiden AS terpilih

Pada Jumat (22/1) Sanders mengatakan pada jurnalis NBC News, Garrett Haake, bahwa hal ini membuat orang sadar bahwa kami membuat sarung tangan dan jaket musim dingin yang bagus di Vermont. Senator Demokrat tersebut juga memposting di media sosial pribadinya Twitter pada Sabtu (23/1) bahwa di Vermont, kami mengetahui sesuatu tentang dingin dan kami tidak terlalu memperdulikan mode yang bagus. Ia tidak menyadari potretnya akan menjadi viral pada hari sakral tersebut, mengatakan bahwa ia hanya mencoba membuat dirinya hangat dan mencoba memperhatikan acara pelantikan.

Warga media sosial sangat kreatif mengedit foto Sanders tampak membantu aktor Demi Moore dalam membuat tembikar dari film Ghost, menghadiri Paris Fashion Week, duduk di sebelah Forrest Gump, hingga bergabung dengan Konferensi Yalta pada tahun 1945 dimana ia duduk di sebelah Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, Presiden AS Franklin Roosevelt dan pimpinan Soviet Joseph Stalin.

2. Memenya bisa digunakan untuk hal baik

Baca Juga: Pemilu AS: Bernie Sanders Laporkan Setoran Pajak, Publik Tunggu Trump

Ketika diwawancarai oleh CNN, Senator berusia 79 tahun itu tampak sangat senang dan tersenyum lebar mengatakan bahwa ia juga gembira, sama seperti warga lainnya.

"Kami tak hanya bersenang-senang, tetapi apa yang kami lakukan di sini, di Vermont adalah kami akan menjual sweatshirt dan kaos oblong di seluruh negeri, dan semua uang yang akan dikumpulkan —yang saya perkirakan hingga jutaan dollar— akan digunakan untuk program seperti 'Meals on Wheels' yang memberi makan warga lansia berpenghasilan rendah. Jadi ternyata itu hal yang baik, bukan hanya menyenangkan" kata Senator Sanders kepada CNN, melansir dari Reuters (25/1).

3. Seorang guru di Vermont, Jan Ellis, memberikan sarung tangan sebagai hadiah di tahun 2016

Bernie Sanders: Viral Jadi Meme bisa Sekalian untuk AmalJan Ellis membuat sarung tangan dari sweather daur ulang sebagai hadiah untuk Senator Vermont, Bernie Sanders (jewishinsider.com)

Warga menyukai sarung tangan yang dikenakan Sanders. Seorang guru kelas dua sekaligus penghobi kerajinan tangan, Jan Ellis (42), memberikan sarung tangan tersebut lima tahun silam sebagai hadiah. Ia adalah seorang pengagum Sanders meski tidak pernah bertemu secara langsung. Ellis tinggal di Essex Junction, Vt. bersama pasangannya, Liz, dan anak perempuan mereka yang masih berusia taman kanak-kanak. Ia memberikan benda tersebut melalui menantu perempuan Sanders yang juga mengelola sekolah anak perempuan Ellis, Liza Driscoll.

Ketika meme ini viral, Ellis menerima ribuan email tentang tweet lama di mana ia mengiklankan barang dagangannya, mereka menginginkan sarung tangan yang serupa. Namun, ia menyatakan bahwa tidak mungkin ia mampu membuat 6000 pasang sarung tangan terutama saat ia memiliki kesibukan utama sebagai seorang guru dan ibu. Ia menambahkan bahwa ia tidak suka mengecewakan orang lain, namun ada banyak orang yang menjualnya di platform jual beli Etsy. Sarung tangan yang ia buat unik dan sayangnya ia tidak memiliki produk lain lagi.

Baca Juga: Dalam 24 Jam, Bernie Sanders Dapat Donasi Rp83 Miliar untuk Pilpres

Nissa Abdillah Photo Writer Nissa Abdillah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya