Comscore Tracker

Pria Terkaya Republik Ceko Tewas di Kecelakaan Helikopter

Bilyuner pendiri perusahaan investasi, terkaya ke-68 Forbes

Prague, IDN Times — Pria terkaya Republik Ceko Petr Kellner merupakan salah satu dari lima korban tewas pada kecelakaan helikopter Sabtu (27/3/2021). Para korban tengah melakukan tamasya heli-ski ketika helikopter mereka jatuh di area Gletser Knik Alaska. Kellner merupakan pebisnis yang memiliki net worth 17,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp255 triliun, menurut Forbes.

1. 5 korban tewas dan 1 selamat

Pria Terkaya Republik Ceko Tewas di Kecelakaan HelikopterIlustrasi (unsplash.com/@asoggetti)

Menurut Pasukan Negara Bagian Alaska kelima korban tewas tersebut yaitu Petr Kellner (56) dan Benjamin Larochaix (50) dari Republik Ceko, Gregory Harms (52) dari Colorado, Sean McManamy (38), dan pilot Zachary Russell (33). Sementara itu, korban selamat dalam kondisi serius namun stabil dirawat di rumah sakit.

Kecelakaan terjadi saat kelompok tersebut sedang dalam perjalanan menggunakan Airbus AS350B3 milik Soloy Helicopters of Wasilla, Alaska. Penanggap darurat mendapat informasi pada Sabtu pukul 10 malam bahwa helikopter belum kembali dari perjalanan dan menemukan puing-puing dari kecelakaan di dekat Gletser Knik.

Lokasi kecelakaan berada di dekat aliran sungai Gletser Knik, wilayah timur laut Anchorage. Gletser Knik yang terletak di Pegunungan Chugach Utara merupakan destinasi untuk penerbangan tamasnya, dan di musim panas, banyak diminati orang-orang untuk hiking dan tur perahu. Representatif resor mengatakan tidak mengetahui penyebab kecelakaan dan menurut otoritas berwenang, saat ini masih dilakukan penyelidikan penyebab jatuhnya helikopter.

2. Pemakaman diselenggarakan tertutup

Perusahaan keuangan Kellner, PPF Group, dalam pernyataan resmi Senin (29/3/2021) menyatakan belasungkawa yang terdalam atas kematian pendiri dan pemegang saham terbesarnya. PPF Group juga menyatakan bahwa pemakaman Kellner diselenggarakan secara tertutup, hanya untuk keluarga terdekat.

Perdana Menteri Ceko Andrej Babis menyampaikan belasungkawanya terhadap keluarga mendiang. “Tragedi yang tidak dipercaya. Saya sungguh berduka.” ucap Babis di akun Twitter pribadinya. Kellner meninggalkan seorang istri dan empat anak. Selama hidupnya, ia menyukai ski dan menurut representatif resor tempat Kellner menginap, pendiri PPF Group itu sering bertamu.

Baca Juga: Miliarder Prancis Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

3. Pemilik korporasi investasi keuangan

Pria Terkaya Republik Ceko Tewas di Kecelakaan HelikopterPPF Group (radio.cz)

Di tahun 2020, Kellner merupakan orang terkaya ke-68 menurut Forbes. Kellner mengawali bisnisnya setelah berakhirnya Revolusi Beludru di tahun 1990-an ketika dia mendirikan PPF sebagai perusahaan investasi dengan rekanan yang ambil bagian dalam upaya memprivatisasi ratusan perusahaan milik negara (BUMN). Kemudian pada pertengahan 1990-an, PPF mengambil saham di bekas perusahaan asuransi nasional, Ceska Pojistovna, yang kemudian menjadi batu loncatan bagi pertumbuhan bisnisnya.

PPF lalu tumbuh di bidang keuangan, telekomunikasi, manufaktur, media, bioteknologi, hingga real estate. Perusahaan yang bermarkas di Belanda beroperasi di Eropa, Asia, dan Amerika Serikat. Aset PPF berjumlah 44 miliar Euro atau sekitar Rp748 triliun pada pertengahan 2020. Salah satu anak perusahaannya adalah perusahaan pinjaman konsumen, Home Credit, serta sekelompok perusahaan telekomunikasi di Eropa Tengah dan Timur, termasuk O2 Czech Republic.

Kellner merupakan seorang profesional yang ahli di bidangnya. Dalam upaya mencari hubungan hangat dengan Tiongkok, Presiden Republik Ceko, Milos Zeman, mengajaknya ke pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada tahun 2014. Kellner juga mendanai sebuah thinktank yang didirikan oleh mantan Presiden Vaclav Klaus, arsitek privatisasi tahun 1990-an.

Baca Juga: Miliarder Prancis Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Nissa Abdillah Photo Writer Nissa Abdillah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya