Ledakan Gedung di Bangladesh Tewaskan Sedikitnya 17 Orang

Lagi-lagi gedung kebakaran di Bangladesh

Jakarta, IDN Times - Ledakan di gedung perkantoran pada distrik komersial yang berada di ibu kota Bangladesh terjadi pada Selasa (7/3/2023). Kebakaran tersebut telah menewaskan sedikitnya 17 orang.

Selain korban tewas, lebih dari 100 orang lainnya mengalami luka-luka akibat ledakan tersebut. Masih belum jelas apa yang menyebabkan ledakan tersebut, namun kasus ledakan yang fatal sering terjadi di Bangladesh yang disebabkan lemahnya penegakan keamanan.

Ledakan pada Selasa terjadi pukul 17.00 waktu setempat, menguncang lantai bawah dari gedung tujuh lantai di Gulistan, yang merupakan pusat grosir utama barang-barang di Dhaka.

Baca Juga: Kamp Rohingya di Bangladesh Terbakar, Ribuan Pengungsi Terlantar

1. Para korban luka telah dirawat di rumah sakit

Melansir France24, beberapa lantai dan tembok bangunan dan tembok samping hancur akibat dari ledakan itu. Puing-puing dan serpihan bangunan berterbangan ke jalan-jalan yang ramai lalu-lalang.

Lebih dari 112 orang telah dirawat akibat luka yang diderita di kepala, patah tulang dan cedera lainnya di Rumah Sakit Dhaka Medical College, ucap direktur rumah sakit, Nazmul Islam pada AFP.

"Pola luka menunjukkan bahwa itu adalah ledakan besar," kata Nazmul, seraya menambahkan bahwa ratusan dokter dan perawat dikerahkan. Dia juga mengatakan beberapa korban terluka lainnya juga dibawa ke rumah sakit lain yang terdapat di kota itu.

Baca Juga: Kebakaran di Pabrik Oksigen Bangladesh, 6 Orang Tewas

2. Upaya penyelamatan korban mengalami hambatan

Ledakan Gedung di Bangladesh Tewaskan Sedikitnya 17 Orangilustrasi penyelamatan.(pixels.com/pixabay)

Melansir RFI, Kepala Pemadam Kebakaran, Brigadir Jendral Main Uddin mengatakan masih ada kemungkinan korban yang terjebak di dalam gedung. Namun, tingkat kerusakan yang terhitung fatal, telah menghambat upaya tim penyelamat untuk menjangkau orang-orang yang mungkin masih terjebak.

"Risiko memasuki gedung sekarang," katanya. "Kami membutuhkan bala bantuan untuk kolom dan balok untuk melanjutkan (upaya) penyelamatan di lantai dasar dan bawah tanah," kata Uddin, kutip rfi.fr.

Dia juga menambahkan bahwa tidak ada salurah gas yang berada di bawah gedung dan tidak ditemukan tanda-tanda bahan peledak.

Baca Juga: Tuntut PM Mundur, Puluhan Ribu Warga Bangladesh Gelar Demonstrasi

3. Ledakan juga melukai 30 penumpang bus yang lewat di depan gedung

Ledakan Gedung di Bangladesh Tewaskan Sedikitnya 17 Orangilustrasi ledakan.(pexels.com/Alexander Zvir)

Seorang sopir bus mengatakan dirinya dan 30 penumpangnya terluka saat bus yang mereka tumpangi melewati gedung saat ledakan itu terjadi.

"Saya mendengar ledakan keras dan kemudian kepala saya dihantam benda terbang," kata sopir bus tersebut kepada wartawan.

Menteri Kesehatan, Zahid Maleque, berbelasungkawa atas kejadian tersebut dan mengunjunggi para korban luka yang dirawat di rumah sakit. Dia juga mengatakan sebagian besar korban mengalami ciledera di kepala.

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya