Italia: Tornado Hantam Pulau Pantelleria, 2 Tewas

Sembilan orang lainnya mengalami luka-luka

Jakarta, DN Times - Pihak berwenang Italia mengumumkan telah terjadi tornado yang menghantam Pulau Pantelleria di Mediterania pada Jumat kemarin (10/9/2021). Tornado dengan kekuatan dahsyat tersebut menewaskan 2 warga setempat dengan 9 orang lainnya mengakami luka-luka, dan 4 di antaranya berada dalam kondisi serius.

Pulau Pantelleria yang mendapatkan julukan “mutiara hitam Mediterania”, terkenal dengan wisata mata air panas dan selalu berhasil menarik perhatian wisatawan tiap tahun.

1. Tornado berhasil menghancurkan jalanan di sekitar pantai 

Tornado yang menghantam Pulau Pantelleria pada Jumat kemarin meninggalkan jalanan yang hancur.

Tornado datang dari laut, dan dalam hitungan detik telah berhasil menghancurkan rumah-rumah serta mobil yang mlintas di sepanjang jalan pesisir.

Dengan kekuatan yang begitu besar, angin mampu merobek atap rumah dan membalikkan setidaknya enam mobil, ucap salah satu penduduk setempat yang menggambarkan kejadian tersebut sebagai  “kiamat”, dilansir dari The Guardian.

2. Terdapat 2 warga tewas, 9 orang lainnya luka-luka 

Baca Juga: Italia Bakal Pindahkan Kedutaannya di Afghanistan ke Qatar

Adanya tornado mengakibatkan setidaknya 2 orang warga setempat meninggal dunia dengan 9 orang lainnya mengalami luka-luka.

Pihak berwenang juga memberikan laporan jika empat dari sembilan yang terluka, mengalami kondisi yang serius sehingga perlu mendapatkan pertolongan sedini mungkin.

Melansir BBC News, tim bantuan darurat berencana akan melakukan pemindahan bagi korban yang terluka ke rumah sakit di kota Palermo menggunakan helikopter ketika cuaca telah membaik.

3. Salah satu korban yang meninggal dunia merupakan petugas pemadam kebakaran

Dari dua warga setempat yang meninggal dua, salah satunya ialah seorang pemadam kebakaran yang sedang tidak bertugas. Badan perlindungan sipil Italia menjelaskan jika kala itu, korban sedang mengendarai mobilnya di tengah angin kencang, sehingga membuatnya terjebak di dalam mobilnya.

“Ketika kami tiba di tempat kejadian, mobil terbalik dan pengemudi, sayangnya, sudah mati. Tidak ada yang bisa dilakukan. Satu mayat terlempar ke dinding oleh angin, yang lainnya tergeletak di tanah,” ucap seorang saksi mata kepada media setempat dikutip dari The Guardian.

Menurut kesaksian lainnya yang dilaporkan dari laman The Guardian, menggambarkan jika tornado yang sangat dahsyat tersebut mampu merobohkan jalanan pantai dalam hitungan detik.

Baca Juga: 7 Fakta 'Ndrangheta, Jaringan Besar Mafia Italia yang Tak Terekspos

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya