Comscore Tracker

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di Jerman

Lebih dari 150 orang tewas dan ribuan masih hilang

Berlin, IDN Times - Hujan lebat yang berubah menjadi badai di Jerman barat, tepatnya di dua negara bagian yakni Rhineland Palatinate dan North Rhine-Westphalia, menjadi bencana yang mengerikan. Hujan badai itu menimbulkan banjir bandang, memutus jalanan, memadamkan aliran listrik dan komunikasi, serta membuat ratusan orang meninggal dunia.

Bencana banjir itu terjadi pada Jumat (16/7) setelah hujan berhari-hari yang membuat sungai-sungai meluap. Melansir Reuters, pasukan penyelamat masih terus bekerja untuk mencari para korban. Sejauh ini, setidaknya 133 orang Jerman meninggal dunia dalam bencana dahsyat itu.

Tidak hanya di Jerman, tapi Belgia dan Belanda juga terdampak dari hujan lebat yang berubah menjadi badai itu. Di Belgia, 20 orang dilaporkan tewas dan masih ada banyak lagi lainnya yang sampai saat ini hilang.

Gubernur North Rhine-Westphalia, Armin Laschet mengatakan “banjir benar-benar telah menarik tanah dari bawah kaki banyak orang. Mereka kehilangan rumah, pertanian, atau bisnis mereka,” katanya seperti dikutip Associated Press.

Berikut ini adalah 13 potret kondisi Jerman barat yang dilanda oleh bencana banjir bandang, yang telah menewaskan ratusan orang tersebut.

1. Pemandangan memilukan dari udara di salah satu distrik negara bagian Rhineland-Palatinate, Jerman, yang dihantam banjir

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanBanjir di distrik Ahrweiler, bagian utara negara bagian Rhineland-Palatinate. (Instagram.com/myvanili)

2. Rumah hampir rubuh ketika jalan dan tanah yang menopangnya, disapu banjir di distrik Ahrweiler, Jerman

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanRumah hampir rubuh di daerah Ahrweiler, Jerman. (Instagram.com/the._power._of._nature)

3. Helikopter polisi Jerman terlihat kecil ketika terbang di atas pemukiman warga yang dilanda banjir. Helikopter itu sedang berusaha mencari dan menyelamatkan para korban

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanHelikopter polisi Jerman terlihat kecil saat terbang untuk menyelamatkan korban banjir di Jerman. (Twitter.com/Bundespolizei Spezialkräfte)

4. Situasi sebuah bengkel yang kocar-kacir di Jerman setelah diterpa banjir bandang. Bengkel penuh dengan lumpur yang dibawa air banjir

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanKondisi bengkel mobil setelah banjir surut. (Instagram.com/huther_kfz)

5. Ini adalah foto sebuah rumah yang rusak parah setelah diterjang banjir bandang di lembah Ahr, distrik Ahrweiler, Jerman

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanRumah hampir rubuh setelah diterjang banjir. (Instagram.com/marieszuhause)

Baca Juga: Pelecehan Rasial Timpa Tim Jerman Jelang Olimpiade Tokyo

6. Mobi-mobil hanyut dibawa oleh banjir di kota Erftstadt, sebelah selatan Cologne, Jerman

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanMobil-mobil hanyut dibawa banjir. (Twitter.com/Tom Schultz)

7. Tim penyelamatan dari petugas pemadam kebakaran Jerman sedang melakukan evakuasi penyelamatan korban banjir di kota Erftstadt, sebelah barat daya Cologne

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanPersonel pemadam kebakaran Jerman sedang melakukan evakuasi korban. (Twitter.com/Nael Taim Shami)

8. Banjir dan longsor membuat beberapa rumah rubuh tersapu arus di desa Rhein-Erft-Kreis, kota Erftstadt. Beberapa penduduk dilaporkan hilang dan tim penyelamat masih melakukan operasi pencarian

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanBanjir dan longsor di kota Erftstadt. (Twitter.com/BezirksregierungKöln)

9. Foto ini diambil di kota Erftstadt oleh fotografer David Young dari media DPA. Mobil-mobil terlihat jungkir balik usai dihantam banjir

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanMobil-mobil yang dihantam bencana banjir di Jerman. (Twitter.com/dpa)

10. Kendaraan lapis baja militer Jerman (Bundeswehr) diturunkan untuk melakukan pembersihan jalan dan evakuasi kendaraan besar yang terjebak di jalan raya usai air banjir surut di kota Erftstadt

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanKendaraan lapis baja militer Jerman membantu membersihkan dan mengevakuasi kendaraan korban banjir. (Twitter.com/Theo Geers)

11. Bundeswehr mengirim kendaraan lapis baja ke Ahrweiler, Jerman, untuk membantu operasi pembersihan jalanan dan mengevakuasi korban banjir

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanMiliter Jerman diturunkan untuk membantu korban banjir Ahrweiler. (Twitter.com/Heer)

12. Dampak destruktif banjir di Bad Neuenahr-Ahrweiler yang direkam oleh jurnalis Julian Staib, seorang wartawan yang bekerja untuk media Frankfurter Allgemeine

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanJalanan rusak diterjang banjir di Jerman. (Twitter.com/Julian Staib)

13. Mobil-mobil yang terparkir di depan gedung di kota Ahrweiler terlihat mengambang dan jumpalitan saat diterjang banjir bandang

13 Potret Pilu Suasana Destruktif Banjir di JermanKendaraan terlihat mengambang di tempat parkir sebuah gedung di Ahrweiler, Jerman. (Twitter.com/Weltraum-Nerd)

Sejauh ini, banjir yang menghantam wilayah Jerman barat, dan juga berdampak sampai Belgia dan Belanda telah menyebabkan korban jiwa lebih dari 150 orang. Jumlah korban tewas kemungkinan masih akan bertambah seiring dengan operasi penyelamatan yang terus dilakukan.

Melansir laman The Guardian,  ada sekitar 1.300 orang di distrik Ahrweiler, di negara bagian Rhineland-Palatinate masih belum ditemukan. Upaya untuk menghubungi mereka terhalang oleh kerusakan jaringan telepon.

“Hanya jika kita dengan tegas mengambil tindakan melawan perubahan iklim, kita akan dapat membatasi kondisi cuaca ekstrim yang kita alami sekarang,” kata Menteri Dalam Negeri, Jerman, Horst Seehofer.

Ke-13 foto tersebut hanya sedikit gambaran dari banyak kondisi memilukan yang terjadi di Jerman. Banyak orang berdoa agar orang-orang yang masih hilang, ada yang bisa diselamatkan.

Baca Juga: Jerman: Kesenjangan antara Timur dan Barat Semakin Kecil

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya