Comscore Tracker

Belgia Kembalikan Gigi Pahlawan RD Kongo yang Berlapis Emas

Patrice Lumumba adalah Perdana Menteri pertama Kongo 

Jakarta, IDN Times - Dalam sebuah upacara istimewa di Brussel, pada Senin (20/6/2022), otoritas Belgia menyerahkan sebuah gigi milik Patrice Lumumba, Perdana Menteri (PM) pertama Republik Demokratik Kongo (RD Kongo). Gigi itu dibungkus dengan kotak kecil yang nantinya diterbangkan ke Kinshasa.

RD Kongo dijajah oleh Belgia dari 1885 hingga 1960. Patrice Lumumba berperan penting membawa negara tersebut menuju kemerdekaan. Dia terpilih secara demokratis sebagai PM, kemudian dibunuh tiga bulan setelahnya oleh regu tembak.

Tubuh Lumumba tak pernah ditemukan sejak itu. Tubuh pahlawan tersebut dikabarkan dimutilasi dan dilarutkan ke zat asam. Salah satu gigi Lumumba diambil petugas polisi Belgia dan berada di negara tersebut selama puluhan tahun. 

1. PM Belgia minta maaf atas peran negaranya dalam peristiwa pembunuhan

Awal bulan ini, Raja Belgia Philippe menyatakan penyesalan terdalam atas pelanggaran negaranya terhadap RD Kongo selama melakukan penjajahan. Dia berkunjung ke Kinshasa dan menyampaikan langsung hal itu di depan parlemen negara bekas jajahannya.

Pada Senin, Belgia menyerahkan gigi Patrice Lumumba, salah satu pendiri RD Kongo yang tewas terbunuh dan tubuhnya tak pernah ditemukan.

"Tidak normal jika Belgia memegang sisa-sisa salah satu pendiri bangsa Kongo selama enam dekade," kata Alexander De Croo, PM Belgia, dikutip dari Associated Press.

De Croo juga meminta maaf tentang peran negaranya dalam pembunuhan Patrice Lumumba. Gigi yang berlapis emas itu diserahkan oleh jaksa federal Belgia, Frederic Van Leeuw.

Baca Juga: Kisah Kekejaman Raja Leopold II Belgia ketika Menjajah RD Kongo

2. Memori penting untuk negara RD Kongo

Perwakilan RD Kongo dihadiri oleh beberapa pejabat penting dan keluarga Patrice Lumumba. Perdana Menteri Kongo, Jean-Michel Sama Lukonde, mengatakan bahwa kembalinya relik tersebut akan menjadi hal penting untuk memori nasional negara.

"Ada perasaan puas setelah beberapa tahun," kata Roland Lumumba, salah satu putra Patrice Lumumba dilansir Al Jazeera. Acara pengembalian gigi tersebut dilakukan di Istana Egmont, pusat kota Brussel, Belgia.

Gigi berlapis emas akan ditempatkan di peti mati dan diterbangkan ke RD Kongo.

Lumumba yang hanya sebentar menjabat sebagai PM RD Kongo adalah orang yang sangat fasih dan vokal. Ia pernah membuat marah Belgia dengan pidato yang melontarkan krititk keras saat tahun-tahun penjajahan Eropa di negaranya.

3. CIA dituduh terlibat dalam pembunuhan Patrice Lumumba

Belgia Kembalikan Gigi Pahlawan RD Kongo yang Berlapis EmasLogo CIA di lantai lobi utama Gedung Markas Besar Asli. (commons.wikimedia.org/Duffman)

RD Kongo, dengan luas wilayah yang 75 kali lebih besar dari Belgia, telah dikuras sumber kekayannya selama penjajahan. Patrice Lumumba menjadi salah satu aktor penting dalam membawa negara itu meraih kemerdekaan pada 1960.

Lumumba kemudian terpilih secara demokratis dan menjabat sebagai Perdana Menteri Republik Demokratik Kongo. Tapi dia tak lama duduk dalam jabatan itu.

Dikutip dari Reuters, Lumumba digulingkan dari kekuasaan setelah menjabat tiga bulan dan kemudian dibunuh oleh regu tembak Belgia. Beberapa sejarawan dan pendukung Lumumba menuduh CIA telah memerintahkan pembunuhan itu.

Tubuh Lumumba dikabarkan dimutilasi dan dilarutkan dengan cairan asam untuk mencegah adanya kuburan menjadi situs ziarah. Tapi salah satu petugas regu tembak Belgia mengambil gigi Lumumba. Kini gigi itu dikembalikan Belgia kepada RD Kongo.

Baca Juga: Raja Philippe Akui Menyesal karena Dulu Belgia Pernah Menjajah Kongo

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya