Comscore Tracker

Gangguan Listrik, Pakistan Alami ‘Mati Lampu’ Nasional

Jaringan internet runtuh seketika

Islamabad, IDN Times – Pakistan mengalami “mati lampu” nasional sehingga membuat sebagian besar wilayahnya mengalami kegelapan. Gangguan listrik yang menyebabkan pemadaman listrik secara tiba-tiba itu berlangsung pada haru Sabtu malam, 9 Januari 2021.

Kota-kota besar di Pakistan seperti Karachi, Lahore dan ibukota Islamabad, tak luput dari dampak pemadaman listrik tersebut. Jutaan penduduk berada dalam kegelapan. Penanganan secara bertahap mulai dilakukan untuk mengalirkan kembali aliran listrik ke kota-kota besar, terutama di Islamabad.

1. Kerusakan sistem transmisi listrik

Gangguan Listrik, Pakistan Alami ‘Mati Lampu’ NasionalKerusakan transmisi listrik sebabkan kota-kota besar Pakistan alami pemadaman listrik. Ilustrasi (pexels.com/George Becker)

Pakistan sebenarnya telah lama memiliki masalah pasokan listrik. Sejauh ini, kapasitas pembangkit listrik yang terpasang mencapai 37.402 mega watt. Total permintaan maksimum listrik di negeri tersebut mencapai 25.000 mega watt. Namun kapasitas transmisi dan distribusi terhenti pada angka 22.000 mega watt.

Oleh karena itu, ketika pengguna melakukan permintaan pasokan listrik pada puncaknya, akan ada defisit sekitar 3.000 mega watt. Sistem transmisi dan distribusinya juga dinilai rumit dan rapuh. Kerusakan yang terjadi pada satu titik saja, dapat menyebabkan banyak orang tidak mendapatkan aliran listrik.

Pada kasus yang terjadi pada Sabtu malam, permasalahan itu menurut Menteri Tenaga yang bernama Omar Ayub Khan, adalah “disebabkan oleh anjloknya frekuensi secara tiba-tiba dalam sistem transmisi listrik”, katanya seperti dikutip dari Al Jazeera (10/1). Permasalahan itu mengakibatkan sebagian besar wilayah Pakistan mengalami “mati lampu”.

2. Jaringan internet runtuh

Gangguan Listrik, Pakistan Alami ‘Mati Lampu’ NasionalPemadaman aliran listrik di Pakistan sebabkan anjloknya jaringan internet. Ilustrasi (pexels.com/Pixabay)

Pemadaman listrik tidak hanya berdampak pada matinya lampu-lampu penerang, tapi membuat orang-orang melakukan antrean panjang di stasiun bahan bakar umum. Penduduk Pakistan yang memiliki generator sendiri, beramai-ramai menyerbu untuk mencari pasokan bahan bakar sebagai pasokan untuk generatornya yang sudah menyala semalaman.

Dampak lain dari pemadaman listrik tersebut adalah runtuhnya jaringan internet. Sebuah organisasi non-pemerintah yang memantau keamanan siber dan tata kelola internet, NetBlocks, mengatakan bahwa konektivitas internet Pakistan anjlok hanya menjadi 62 persen yang dapat diamati.

Menurut NetBlocks, sektor yang paling terdampak ketika kegagalan sistem distribusi listrik yang terjadi di Pakistan adalah jaringan perumahan dan kantor yang paling terdampak parah.

Lima tahun yang lalu, Pakistan pernah mengalami permasalahan serupa. Sebuah pemadaman listrik secara nasional terjadi dan membuat sekitar 80 persen wilayah negara tersebut mengalami gelap gulita.

Baca Juga: Pengadilan Pakistan Tolak Adanya Tes Keperawanan

3. Pentingnya menyediakan generator cadangan

Gangguan Listrik, Pakistan Alami ‘Mati Lampu’ NasionalPenerbangan tidak terganggu karena bandara menyediakan generator cadangan. Ilustrasi (pexels.com/Ahmed Muntasir)

Sejak tahun 1990 hingga tahun 2010, sudah ada sekitar 91 juta penduduk rumah tangga Pakistan yang menerima aliran listrik. Namun berbagai permasalahan pasokan energi itu tetap memiliki masalah meski pemadaman listrik dalam beberapa tahun terakhir sudah mulai berkurang.

Fan Zhang, yang menulis laporan untuk Worldbank dan memetakan kebutuhan listrik di Pakistan menjelaskan bahwa negara tersebut membutuhkan investasi dan reformasi dalam pasokan listriknya. Masalah utama yang berhasil dijelaskan ada di bagian hulu, di mana harga gas yang rendah mendorong pemborosan.

Selain itu, cadangan gas terbaru tidak lagi ditemukan sedangkan pembangkit listrik publik menggunakan gas 20 persen lebih banyak dari pada produsen milik swasta. Masalah lainnya adalah infrastruktur yang lemah, pencurian listrik dan sistem transmisi yang buruk.

Dengan sekian permasalahan itu, banyak pengelola bisnis besar di Pakistan selalu menyediakan generator cadangan sebagai sebuah cara ‘sedia payung sebelum hujan’. Melansir dari laman CNN, pada pemadaman listrik yang terbaru, juru bicara maskapai penerbangan utama Pakistan, Abdullah Khan, mengatakan semua penerbangan tidak terganggu karena semua bandara memiliki generator cadangan tersebut untuk memberi suplai pasokan listrik.

Institusi besar lain yang selalu menyediakan generator cadangan selain bandara adalah rumah sakit dan beberapa pengelola bisnis besar. Penduduk yang mampu membeli generator, juga memilikinya untuk berjaga jika pemadaman listrik terjadi.

Baca Juga: Pengadilan Pakistan Tolak Adanya Tes Keperawanan

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya