Comscore Tracker

Gegara Tabrak Truk, Kereta Api di AS Terguling dan 3 Orang Tewas

Tabrakan maut kereta api kedua dalam dua hari

Jakarta, IDN Times - Kereta api Amtrak’s Southwest Chief, yang melakukan perjalanan dari Los Angeles ke Chicago, terlibat kecelakaan dengan menabrak truk di dekat Mendon, negara bagian Missouri. Akibat insiden itu, tiga orang tewas dan sekitar 50 orang terluka.

Kereta api membawa sekitar 243 penumpang dan 12 staf. Delapan gerbong dan dua lokomotifnya tergelincir keluar dari rel setelah tabrakan terjadi. Enam unit helikopter dikerahkan untuk membawa para penumpang yang terluka ke rumah sakit.

1. Dua korban tewas di kereta api dan satunya lagi di truk

https://www.youtube.com/embed/94k72-o3AJ4

Insiden kereta api yang bertabrakan dengan truk terjadi di daerah terpencil di negara bagian Missouri pada Senin (27/6/2022). Gerbong-gerbong kereta api tersebut keluar dari rel dan terguling.

Dikutip dari Associated Press, tiga korban tewas dalam insiden tersebut menurut juru bicara Patroli Jalan Raya, Justin Dunn, adalah dua orang penumpang kereta dan satu orang yang berada di truk.

Salah satu penumpang, Rob Nightingale, menceritakan bagaimana situasi ketika kecelakaan itu berlangsung. Saat peristiwa terjadi, dia yang tertidur terbangun merasakan kereta bergoyang-goyang.

"Itu seperti gerakan lambat. Lalu tiba-tiba saya merasakannya mengarah ke arahku. saya melihat tanah menuju jendela, dan semua puing-puing dan debu," kata Nightingale, yang berhasil selamat dengan cara keluar dari jendela gerbong.

Baca Juga: Inggris Akan Hadapi Mogok Pekerja Kereta Api Terbesar dalam 30 Tahun

2. Kecelakaan terjadi di persimpangan tanpa lampu peringatan

Kecelakaan yang terjadi pada malam hari itu karena kereta api menabrak truk sampah. Truk tersebut hancur berantakan.

Dilansir CNN, insiden tragis oleh pihak berwenang disebut terjadi di sebuah persimpangan kereta yang tidak dikontrol dan tanpa lampu peringatan. Jalan raya kendaraan berkerikil melintasi rel tersebut.

Sekitar 50 orang dilaporkan terluka akibat insiden. Petugas tanggap darurat dan ambulans telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan. Enam helikopter juga dikirim untuk menerbangkan mereka yang terluka ke rumah sakit.

3. Tabrakan maut kedua dalam dua hari

https://www.youtube.com/embed/3dmKTKrtPFo

Sebelum insiden tabrakan kereta api dengan truk di Missouri, sehari sebelumnya juga terjadi tabrakan maut lain di Brentwood, negara bagian California. Kereta api terlibat kecelakaan dengan menabrak sebuah mobil.

Dikutip dari BBC, akibat tabrakan tersebut tiga perempuan tewas dan beberapa orang lainnya terluka.

Insiden tergelincirnya kereta api Amtrak dari jalur relnya jarang terjadi di AS. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, insiden tergelincirnya kereta api kadang berakibat fatal.

Pada September 2021, kereta api juga tergelincir di Montana. Akibatnya tiga orang tewas dan puluhan lainnya terluka. Pada 2018, kereta Amtrak lain yang salah jalur menabrak kereta barang yang diparkir. Tiga orang tewas dalam insiden itu. 

Baca Juga: Isak Tangis Iringi Pemakaman Sopir Minibus yang Tertabrak Kereta Api

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya