Comscore Tracker

Imbas Gelombang Panas, 3 Negara Eropa Kini Bertempur Padamkan Api

Jerman kerahkan lebih dari 1.000 petugas damkar

Jakarta, IDN Times - Gelombang panas yang menyapu Eropa barat di akhir pekan lalu telah memicu kebakaran hutan. Pada Minggu (19/6/2022), di Jerman, pemerintah setempat telah mengevakuasi sekitar 600 orang dari puluhan desa di dekat ibu kota Berlin.

Di Spanyol, kebakaran hutan juga melahap beberapa tempat dengan puluhan ribu hektare lahan telah dilalap api. Angin kencang yang tidak menentu turut menyulitkan sekitar 650 petugas pemadam kebakaran (damkar) yang berjuang memadamkan api.

Di Yunani, pulau Evia, pulau terbesar kedua di negara itu juga dilanda kebakaran. Sembilan pengebom air dan empat helikopter damkar harus dikerahkan untuk membantu petugas mengendalikan si jago merah.

1. Lebih dari 1.400 petugas damkar dikerahkan di Jerman

Gelombang panas yang datang lebih cepat di Eropa telah memicu kebakaran hutan di Treuenbrietzen, di barat daya ibu kota Berlin.

Penduduk di tiga distrik dari wilayah itu telah dievakuasi untuk menghindari ancaman bahaya. Sekitar 620 penduduk meninggalkan rumah dan apartemen mereka, kata Andrea Metzlres, juru bicara distrik dikutip Daily Mail.

Petugas damkar yang berusaha memadamkan api terkendala, karena titik api berada di bekas tempat pelatihan amunisi dan peledak. Mereka tidak bisa langsung memadamkan ke sumber api utama.

Lebih dari 1.400 petugas damkar dikerahkan. Militer juga dikerahkan untuk membantu.

"Ini bukan latihan," kata pejabat kota menulis di unggahan media sosial.

Baca Juga: Gelombang Panas Landa Eropa, Prancis Batasi Acara Luar Ruangan

2. Penduduk belasan desa di evakuasi di Spanyol

https://www.youtube.com/embed/ShAUD4qoy5E

Dengan kenaikan suhu rata-rata hingga 40 derajat celcius di beberapa wilayah Spanyol, kebakaran hutan melahap puluhan ribu hektare lahan. Provinsi Zamora menderita kerusakan terburuk dengan lahan yang terbakar lebih dari 30 ribu hektare, kutip Associated Press.

Sekitar 650 petugas damkar berhasil membangun perimeter di sekitar api di Sierra de la Culebra pada Minggu, ketika penurunan suhu terjadi setelah tiga hari negara itu dilanda panas yang tidak biasa.

Penduduk dari 18 desa di sekitar kebakaran terpaksa dievakuasi demi menghindari ancaman dari perubahan cuaca yang dapat menghidupkan kembali kobaran api.

"Api mampu melintasi reservoir selebar 500 meter dan mencapai sisi lain, untuk memberi Anda gambaran tentang kesulitan yang kami hadapi," kata Juan Suarez-Quinones, seorang pejabat setempat.

Selain Zamora, kebakaran hutan juga melanda Navarra dan Lleida. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa, tapi penduduk 15 desa di Navarra telah dievakuasi agar terhindar dari bahaya.

3. Sembilan pesawat pengebom air dikerahkan di Yunani

Imbas Gelombang Panas, 3 Negara Eropa Kini Bertempur Padamkan Apiilustrasi pesawat pemadam kebakaran (Pixabay.com/Royber99)

Pada Minggu, Yunani juga berhadapan dengan kebakaran hutan yang terus berkobar di luar kendali di pulau Evia, pulau terbesar kedua di negara tersebut. Angin kencang membuat kobaran api menyebar di lereng pegunungan di Gaia.

Dilansir Deutsche Welle, pihak berwenang Yunani telah memerintahkan evakuasi penduduk desa Kremastos sebagai langkah pencegahan. Kobaran api telah mencapai 800 meter dari beberapa rumah penduduk.

Yunani telah mengerahkan puluhan petugas damkar yang dibantu oleh sembilan pesawat pengebom air dan empat helikopter untuk memadamkan api.

Tahun lalu, pulau Evia telah dilanda kebakaran hutan hebat. Kebakaran tersebut bahkan menghancurkan sekitar sepertiga hutan yang menutup pulau.

Baca Juga: Yunani Laporkan Kebakaran Hutan yang Ketiga dalam Sebulan Terakhir

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya