Comscore Tracker

Iran-Taliban Bentrok di Perbatasan, Satu Orang Tewas

Kedua belah pihak saling tuduh yang memulai bentrokan

Jakarta, IDN Times - Komandan perbatasan Imarah Islam Afghanistan, Mawlawi Mohammad Ebrahim Hewad, pada Minggu (31/7/2022), mengatakan seorang tentara Taliban tewas dalam bentrok dengan pasukan Iran di provinsi Nimruz.

Hewad menuduh bahwa pasukan Iran adalah pihak yang memulai pertempuran di distrik Kang di provinsi tersebut. Tapi, media Iran menuduh bahwa pasukan Talibanlah yang memulai pertempuran.

Sejak Taliban mengambil alih Afghanistan, pasukannya telah beberapa kali terlibat pertempuran perbatasan dengan Iran. Terkadang pertempuran itu berdampak mematikan bagi kedua belah pihak.

Baca Juga: Setelah 6 Bulan Ditahan, Taliban Akhirnya Bebaskan 5 Warga Inggris

1. Satu pasukan Taliban tewas dan satu lagi terluka

Provinsi Nimruz adalah salah satu provinsi di Afghanistan yang terletak di barat daya. Provinsi itu berbatasan dengan provinsi Sistan-Baluchestan di Iran. Pada Minggu, telah dilaporkan terjadi bentrokan diperbatasan antara Taliban dan pasukan Iran.

"Kami memiliki satu (tentara) tewas dan satu (tentara) terluka; penyebab bentrokan belum jelas," kata juru bicara polisi Nimruz, Bahram Haqmal, dikutip dari Reuters.

Informasi berbeda disampaikan oleh gubernur perbatasan Hirmand di Iran, Maysam Barazandeh. Katanya bentrokan telah berhenti dan tidak ada korban jiwa.

Beberapa sumber lokal menjelaskan bahwa penduduk yang tinggal di dekat perbatasan di sisi Afghanistan telah meninggalkan rumah untuk berlindung saat bentrokan meningkat.

Baca Juga: Kuil Sikh di Afghanistan Diserang, 2 Tewas Termasuk Anggota Taliban

2. Taliban tuduh Iran tembaki pasukan patroli

Kabul dan Teheran saling menuduh tentang pihak mana yang telah mengawali bentrokan tersebut. Menurut Taliban, pasukan Iranlah yang memulai menembaki pasukannya.

Dilansir Deutsche Welle, dalam sebuah pernyataan, dijelaskan bahwa pasukan perbatasan Iran menembaki patroli pasukan perbatasan Taliban di distrik Kang di provinsi Nimruz. Baku tembak antara pasukan dari dua negara bertentangga itu akhirnya terjadi dalam beberapa menit kemudian yang akhirnya menewaskan salah seorang tentara Taliban.

Dalam laporan Kementerian Luar Negeri Iran bulan lalu, seorang penjaga perbatasan Iran juga tewas dalam insiden di perbatasan dengan Afghanistan. Peristiwa tersebut juga terjadi di Sistan-Baluchestan.

Baca Juga: Hubungan Iran-Israel Memburuk, PM Bennett: Rezim Iran Akan Berakhir

3. Iran tuduh Taliban coba kibarkan bendera di wilayahnya

Iran-Taliban Bentrok di Perbatasan, Satu Orang Tewasilustrasi (Unsplash.com/Greg Bulla)

Di sisi sebaliknya, pihak Iran menjelaskan bahwa pasukan Taliban adalah pihak yang memulai bentrokan itu. RFE/RL mengutip media Iran, pasukan Taliban telah mencoba mengibarkan bendera mereka di daerah yang bukan wilayah Afghanistan.

Pasukan Taliban dituduh telah memasuki tanah Iran di Hirmand yang berada di provinsi Sistan-Baluchestan dan mencoba mengibarkan bendera di wilayah tersebut. Iran telah membangun tembok perbatasan untuk membatasi para penyelundup dan tembok itu dibuat tidak mewakili perbatasan antara kedua negara.

"Dengan pemahaman yang salah tentang garis perbatasan, pasukan Taliban membayangkan tembok itu adalah perbatasan antara Iran dan Afghanistan, padahal sebenarnya bukan," kata media Iran dikutip dari Al Jazeera.

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya