Comscore Tracker

ISIS Diduga Dalangi Bom Masjid-Transportasi di Afghanistan, 11 Tewas

Ledakan bom terjadi di masjid dan transportasi umum

Jakarta, IDN Times - Afghanistan diguncang bom pada Rabu (25/5/2022). Akibatnya, 11 orang tewas dan puluhan lainnya terluka. Bom tersebut meledak di ibu kota Kabul dan di kota Mazar-i-Sharif, di Afghanistan utara.

Ledakan bom itu diketahui menyasar masjid dan kendaraan umum. Ambulans berdatangan untuk membawa mereka yang terluka dan melarikan korban ke rumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan.

Kelompok Negara Islam pecahan ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Mazar-i-Sharif. Ada tiga ledakan yang mengguncang wilayah itu dalam sehari.

1. Dua tewas dalam ledakan masjid di ibu kota Kabul

ISIS Diduga Dalangi Bom Masjid-Transportasi di Afghanistan, 11 TewasIlustrasi korban (Pixabay.com/Soumen82hazra)

Pejabat keamanan ibu kota Kabul pada Rabu malam mengatakan, terjadi sebuah ledakan bom di masjid. Ledakan melanda Masjid Hazrat Zakaria di Distrik Polisi 4 di pusat kota Kabul.

Kementerian Dalam Negeri Taliban, yang menguasai Afghanistan, menjelaskan akibat ledakan itu, dua orang tewas dan 10 lainnya mengalami luka-luka, kutip Al Jazeera.

Informasi lain disampaikan oleh Rumah Sakit Darurat setempat. Mereka melaporkan telah menerima 22 korban dari ledakan masjid, dengan lima di antaranya tewas ketika tiba.

"Ledakan itu terjadi ketika orang-orang berada di dalam masjid untuk salat magrib," kata Khalid Zadran, juru bicara polisi Taliban di Kabul.

Baca Juga: Taliban Perintahkan Presenter Perempuan di Afghanistan Tutupi Wajahnya

2. Bom meledak di angkutan umum

Serangan lain juga terjadi di kota Mazar-i-Sharif, ibu kota provinsi Balkh, di Afghanistan utara. Pejabat setempat mengatakan, sembilan orang tewas dan 15 lainnya cedera.

Dilansir Tolo News, Mohammad Asif Waziri, juru bicara departemen keamanan provinsi, mengatakan ledakan itu menargetkan transportasi umum. Ledakan pertama terjadi di Distrik Polisi 5 dan dua ledakan beruntun lainnya terjadi di Distrik Polisi 10.

Bulan April lalu, sebuah masjid Syiah di Mazar-i-Sharif juga telah menjadi target serangan bom. Akibat serangan tersebut, lebih dari 20 orang tewas.

Menurut BBC, kelompok Negara Islam yang berafiliasi dengan ISIS mengaku sebagai pihak yang melakukan serangan tersebut. Serangan terhadap masjid Mazar-i-Sharif dilakukan saat masjid itu penuh dengan jamaah.

3. ISIS mengklaim bertanggung jawab

ISIS Diduga Dalangi Bom Masjid-Transportasi di Afghanistan, 11 TewasIlustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Dua serangan bom yang terjadi secara terpisah di Afghanistan itu telah menambah daftar panjang jumlah korban selama Taliban berkuasa di Afghanistan.

Menurut Reuters, Negara Islam yang berafiliasi dengan ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang menargetkan transportasi umum di Mazar-i-Sharif.

Sejauh ini, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di masjid ibu kota Kabul. Menurut Al Jazeera, ledakan itu memiliki ciri afiliasi kelompok ISIL lain, yakni ISIS-K atau ISIS Khorasan.

Salah satu saksi mata dalam ledakan di masjid di ibu kota Kabul memberikan gambaran bagaimana situasi ketika bom itu meledak.

"Kami belum selesai salat ketika terdengar suara keras. Saya (kemudian) menerima telepon untuk menanyakan apakah saya baik-baik saja. Ketika kami pergi ke masjid, kami melihat mayat tergeletak di tanah dan juga yang terluka," kata Mohammad Luqman, saksi mata.

Baca Juga: Dianggap Tak Penting, Komisi HAM Afghanistan Dibubarkan Taliban

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya