Comscore Tracker

Kantor Dubes Saudi di Belanda Jadi Sasaran Penembakan 

Tidak ada korban jiwa dalam insiden 

Den Haag, IDN Times – Satu hari setelah ledakan terjadi di Jeddah saat peringatan Hari Gencatan Senjata yang dihadiri para diplomat asing, kantor Kedutaan Besar Arab Saudi di Belanda menjadi sasaran tembak. Kejadian penembakan itu berlangsung pada hari Kamis, 12 November 2020 sekitar pukul 6 pagi waktu setempat.

Polisi yang segera menuju lokasi penembakan setelah diberitahu dan menemukan beberapa selongsong peluru di lokasi kejadian. Lubang bekas tembakan jugga terlihat pada jendela di kantor Kedutaan Besar Arab Saudi. Polisi langsung melakukan penyelidikan dan mengumpulkan informasi dari para saksi mata.

Melansir dari laman berita The Guardian, Steven van Santen, juru bicara kepolisian menjelaskan bahwa pemeriksaan forensik telah dilakukan termasuk “jejak di lubang longsongan peluru dan peluru” di sekitar gedung (12/11).

1. Tidak ada korban jiwa dalam insiden

Kantor Dubes Saudi di Belanda Jadi Sasaran Penembakan Penembakan di kantor Kedubes Saudi di Belanda terjadi pada jam 6 pagi waktu setempat. Ilustrasi (pexels.com/Kat Wilcox)

Dengan segera, setelah polisi menerima laporan, polisi menuju lokasi, mengumpulkan informasi dari para pejabat dan pekerja di kantor Dubes tersebut. Polisi langsug menutup daerah dimana insiden itu berlangsung, memblokade jalan menuju kedutaan serta mengumpulkan “bukti kriminal” dari insiden yang sudah berlangsung.

Ada sekitar 20 lubang bekas tembakan di gedung Kedubes Saudi. Akan tetapi, pihak polisi tidak berani menyimpulkan berapa kali tembakan yang telah dilakukan. Polisi masih menunggu penyelidikan hingga selesai.

Menurut laman berita Independent, polisi mengatakan tidak korban jiwa dalam insiden itu. Penembakan juga tidak melukai seorang pun di dalam kantor Kedubes (12/11). Saudi Arabia langsung memberikan peringatan kepada siapapun warga Saudi yang ada di Belanda untuk berhati-hati.

2. Pengejaran dan penangkapan pelaku penembakan

Kantor Dubes Saudi di Belanda Jadi Sasaran Penembakan Polisi Belanda dengan sigap melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap tersangka. (twitter.com/Mete Sohtaoglu)

Penyelidikan dan investigasi dengan cepat dilakukan oleh kepolisian Belanda. Sekitar delapan jam setelah penembakan terjadi, polisi menangkap seorang pria berusia 40 tahunan di kota Zoetermeer, sekitar 16 kilometer arah timur dari ibukota Den Haag. 

Polisi menangkap tersangka di sebuah rumah dan “petugas polisi juga menyita mobil untuk penyelidikan lebih lanjut”, kata polisi dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari laman berita The Guardian (12/11). Belum diketahui apa motif dibalik penembakan yang dilakukan tersangka. Polisi saat ini menahan dan masih melakukan proses investigasi.

Baca Juga: Arab Saudi Izinkan Ibadah Haji 2020, Bagi Warga dan WNA di Saudi 

3. Kecaman atas penembakan yang terjadi di Kedubes Saudi di Belanda

Kantor Dubes Saudi di Belanda Jadi Sasaran Penembakan Saudi menyebut penembakan tersebut sebagai "serangan pengecut". Ilustrasi (twitter.com/H Norul Islam)

Mengetahui terjadinya penembakan di kantor Kedubesnya, pemerintah Saudi segera memberikan respon terhadap insiden. Saudi mengutuk penembakan yang disebutnya sebagai “serangan pengecut”. Pihak Saudi juga memberikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Belanda karena telah dengan cepat memproses dan menyelidiki serta menangkap tersangka penembakan.

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menyerukan agar pelakunya dibawa ke pengadilan. Melansir dari laman berita Arab News, Kemenlu UAE menggambarkan insiden penembakan itu sebagai serangan “kriminal” serta menambahkan informasi “penolakan terhadap aksi kekerasan dalam bentuk apapun yang bertujuan untuk destabilisasi keamanan yang bertentangan dengan prinsip nilai-nilai agama dan kemanusiaan” (12/11).

Kementrian Luar Negeri Belanda juga menanggapi isu ini dengan “sangat serius" karena memiliki hubungan dekat dengan otoritas Arab Saudi. Terkait dengan serangan bom di Jeddah satu hari sebelumnya, laman Euro News mengatakan tidak ada indikasi yang menyiratkan hubungan antara penembakan di Kedubes dengan ledakan yang terjadi di Jeddah (12/11).

Baca Juga: 5 Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Bisa Membedakannya?

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya