Comscore Tracker

Kisah Pasar Gelap Jual Beli Bayi di Kenya 

Pemerintah menangkap beberapa pelaku 

Nairobi, IDN Times – Kenya adalah salah satu negara di bagian timur Afrika, dengan sekitar 47 juta penduduk. Sebagian besar kemiskinan meliputi wilayah negara ini. Kehidupan sangat sulit, dan untuk memberikan makan seorang anak saja butuh perjuangan. Apalagi untuk menghidupi banyak anak-anak.

Akan tetapi, di negara yang kemiskinannya tersebar luas ini, bisnis jual beli bayi disebut sebagai bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Tapi tentu saja bisnis ini dilakukan tidak seperti bisnis lain yang sepantasnya melainkan hanya ada di jejaring pasar gelap.

Perdagangan gelap bayi di Kenya banyak dipicu oleh orang-orang yang kesulitan memiliki keturunan tapi ingin mengadopsi anak. Selain itu, kelompok penculik dan pencuri bayi yang meminta tebusan atau menjual bayi-bayi kepada para pembeli dengan harga tinggi. Banyak diantaranya, menjual bayi adalah pilihan terakhir karena tidak sanggup memberi makan keturunannya itu.

1. Klinik ilegal di jalanan Nairobi

Kisah Pasar Gelap Jual Beli Bayi di Kenya Ada beberapa klinik ilegal di Nairobi yang jadi agen jual beli bayi. Ilustrasi (unsplash.com/Martha Dominguez de Gouveia)

Tingkat kemiskinan yang tinggi, pendidikan yang rendah, pengetahuan tentang seks yang kurang membuat kelindan masalah menjadi rumit di Kenya. Seorang perempuan Kenya yang bernama Adama, hidup sebatang kara ketika orang tuanya meninggal saat ia berusia belasan tahun. Melewati kehidupan yang keras, ia bertemu dengan seorang pria, lalu hamil. Tiga hari setelah bayi lahir, pria itu meninggalkannya.

Laman berita BBC melakukan investigasi panjang selama satu tahun dalam sebuah program Africa Eye. Dalam laporannya, reporter mengisahkan Adama yang meninggalkan sang bayi kepada nenek, lalu pergi ke kota bekerja sebagai buruh bangunan, penjual semangka juga di klub malam lalu kembali lagi menjadi buruh bangunan.

Saat bekerja di tempat baru itu, dia kenal dengan seorang pria dan hamil. Mereka berdua pernah berjanji hidup bersama, dan sang lelaki mau menerima anak sulung Adama. Akan tetapi, beberapa waktu kemudian si lelaki menghilang. Adama ditinggal dengan perut yang semakin membuncit. Dalam kondisi itu, dia masih bekerja, mengangkat kantong semen yang berat sambil menyembunyikan kehamilannya. Dia berhenti ketika sudah tak kuat lagi bekerja keras.

Pernah dalam pikiran Adama untuk melakukan aborsi, tetapi tidak dilakukan. Lalu, ada seorang yang menawari perawatan kelahiran di klinik ilegal di jalanan Nairobi. Sang pemilik, rupanya adalah seorang agen penyalur jual beli bayi. Sang pembeli, adalah reporter BBC yang menyamar. Pembelian itu gagal ketika Adama dibisiki oleh sang reporter bahwa anaknya akan diperjual belikan.

Baca Juga: Gegara Cekcok di Jalan, Upaya Jual Beli Bayi di Yogyakarta Terungkap

2. Pencuri bayi dalam jejaring pasar gelap

Kisah Pasar Gelap Jual Beli Bayi di Kenya Ada jejaring pencuri bayi, bahkan terorganisir di Nairobi, Kenya. Ilustrasi (unsplash.com/Bill Wegener)

Tingkat kehamilan remaja di Kenya terbilang sangat tinggi. Banyak bayi yang dijual juga dari gadis-gadis muda yang hamil ketika masih sekolah. Sarah, salah seorang gadis yang pernah menjual bayinya mengatakan kepada BBC, “saat itu saya masih muda, saya tidak pernah mengira apa yang saya lakukan itu salah. Setelah lima tahun saya sadar dan ingin mengembalikan uangnya, tetapi hal itu tidak pernah bisa saya lakukan” (14/12). Bayi yang dibayar dari ibu yang melahirkan di Kenya dihargai antara 20 euro sampai 70 euro atau sekitar Rp 345 ribu hingga Rp 1,2 juta. Pembeli menjualnya lagi hingga 300 euro atau sekitar Rp 5,1 juta.

Selain agen jual beli bayi pasar gelap itu dilakoni oleh tempat klinik ilegal, ada juga kelompok pencuri bayi. Para pencuri bayi ini bisa terdiri dari oportunis yang rentan hingga penjahat yang terorganisir. Sering juga, dua elemen itu bekerja sama. Mereka mencuri bayi dari para tunawisma.

Anita, salah satu pemabuk dan pengguna narkoba yang tinggal di jalanan Nairobi, adalah salah satu kelompok oportunis yang rentan. Dia memiliki banyak teknik pencurian bayi yang berusia dibawah tiga tahun. Anita bekerja dengan seorang bos wanita lokal untuk mendapatkan keuntungan dari bayi yang dijual.

Reporter BBC yang menyamar, berusaha menjadi pembeli bayi potensial dengan menawar harga tinggi, sekitar 550 euro atau sekitar Rp. 9,4 juta. Anita kadang menjual bayi yang dicuri kepada bosnya sebesar 350 euro atau sekitar Rp. 6 juta.

Anak hilang di Kenya jarang dilaporkan. Isu ini tak pernah menyentuh permukaan. LSM yang didirikan Maryana Munyendo, yang mengurusi kasus kehilangan anak di Kenya mengatakan, selama empat tahun LSM beroperasi sudah menangani 600 kasus.

Ada kekuatan pendorong di balik pasar gelap bayi di Kenya, yakni persoalan infertilitas. “Kemandulan bukanlah hal yang baik bagi seorang wanita dalam pernikahan di Afrika. Kami diharapkan punya anak dan itu harus laki-laki. Jika tidak bisa akan diusir dari rumah. Jadi apa yang kami lakukan?” kata Munyendo (15/11).

3. Petugas rumah sakit ditangkap terkait perdagangan anak

Kisah Pasar Gelap Jual Beli Bayi di Kenya Ilustrasi Borgol (Dok. IDN Times)

Sejak BBC melakukan investigasi, penelusuran dan penyelidikan, lalu mengungkapkan hasilya dalam bentuk liputan ke publik, polisi Kenya mulai bergerak. Pihak kepolisian Kenya mengakui dalam penyelidikannya, ada kejahatan yang terorganisir dalam bisnis perdagangan anak. Bahkan, jejaring itu melibatkan petugas rumah sakit.

Melansir dari laman ABC News, Hilary Mutyambai, Inspektur Jendral Polisi Kenya menyatakan “selama operasi oleh polisi untuk mengungkap kejahatan terorganisir, petugas polisi mencatat keprihatinan karena sumah sakit umum dan panti anak lokal terlibat. Sangat disayangkan bahwa petugas medis senior berkolusi dengan penyelundup” (14/12). Polisi tidak merilis nama-nama tersangka, tapi tiga petugas medis di rumah sakit Nairobi ditangkap.

Selama penyelidikan yang terus dilangsungkan, polisi Kenya juga menangkap lagi empat orang yang terlibat dalam perdagangan anak. Total sejauh ini sudah ada tujuh tersangka yang berhasil ditangkap. Mutyambai telah mengarahkan seluruh petugas dan lembaga keamanan lain untuk mengambil tindakan dan menyelidiki kasus perdagangan anak di seluruh wilayah yurisdiksi mereka.

Baca Juga: Inggris Selidiki Dugaan Korupsi Jual Beli Pesawat ke Garuda

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya